Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lampung Barat, Dra. Zelda Naturi Nukman menghadiri Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) Tahun 2023, yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, pada Rabu (13/9/2023).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo selaku Pembinaan Dekranas yang juga turut didampingi Ketua Umum Dekranas Wury Ma’Aruf Amin.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lampung Barat, Dra. Zelda Naturi Nukman menyampaikan, kegiatan itu diselenggarakan sejak tanggal 13 hingga 17 September tahun 2023 dan diikuti seluruh Dekranasda Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Pameran tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) untuk mempromosikan produk-produk kriya dari seluruh daerah di Indonesia.

“Kriyanusa merupakan pameran kriya terbesar di Indonesia sebagai wadah promosi UMKM,” kata Zelda.

Kegiatan pameran Kriyanusa merupakan salah satu wujud nyata Dekranas dalam upaya pengembangan kapasitas pelaku usaha kriya yang bertujuan untuk mendorong penciptaan dan pengembangan produk-produk kriya lokal sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia.

“Produk seni kriya yang dipamerkan itu beragam, berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan memiliki kekhasan serta daya jual tinggi,” ungkapnya.

Zelda mengutarakan, pameran Kriyanusa menghadirkan sebanyak 307 stan pameran yang berasal dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) provinsi, kabupaten/kota, kementerian, serta lembaga.

“Pameran tersebut melibatkan persaingan nasional untuk mengembangkan dan menampilkan produk unggulan khas Indonesia,” pungkasnya.