Jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar rapat pemantapan persiapan peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) ke-32 Kabupaten Lampung Barat di Aula Kagungan Setdakab Kecamatan Balik Bukit, Selasa (12/9/2023).

Rapat dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama, Kasubag Bagian Operasional (OPS) Polres Lampung Barat Zulkifli dan diikuti Asisten bidang Prekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Instansi Vertical.

Dalam kesempatan itu, Adi Utama membeberkan sejumlah rangkaian kegiatan yang akan digelar pada peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Barat yang jatuh pada 24 September mendatang.

“Pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-32 Kabupaten Lampung Barat kali ini, kita tidak akan mengadakan Liwa Fair,” Kata dia.

Namun, dirinya menjelaskan akan diadakan sejumlah rangkaian kegiatan diantaranya pelayanan KB, pasar malam, olahraga tradisional, sidang paripurna, donor darah, jalan sehat, ziarah makam, upacara besar, ramah tamah, lomba membuat engkak ketan, lomba tumpeng dan garnish, lomba membuat nasi goreng, lomba kebersihan, lomba futsal dan lomba badminton.

“Jadi rencanya dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-32 Kabupaten Lampung Barat, kita akan mengadakan pelayanan KB yang akan berlangsung di Puskesmas Kecamatan Balik Bukit, namun terkait waktunya saya minta kepada pihak Puskemas berkoordinasi kepada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) agar dapat dapat menyesuaikan waktunya,” terangnya.

“Selain itu, kita juga akan mengadakan Pasar malam pada tanggal 16-30 September mendatang di pelataran Pemerintah Daerah Lampung Barat, olahraga tradisional tanggal 18 di Lapangan Kantor Bupati, lomba futsal Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan perbankan tanggal 19-20 di Lapangan Kantor Bupati, sidang paripurna tanggal 21 di ruang sidang Maghgasana, donor darah tanggal 22 di Aula Kagungan Setdakab,” kata dia.

Kemudian dilanjutkan, jalan sehat star dari gerbang Pemerintah Daerah dengan finis di taman kota Liwa, sekaligus dilakukan peresmian lapangan basket. Lalu dilanjutkan lomba membuat nasi goreng yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon II, Forkopimda, Camat dan instansi vertical.

“Pada hari puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Barat 24 September 2023, akan dilakukan ziarah makam pahlawan di Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit, Upacara besar di Lapangan Indrapati Cakra Negara, ramah tamah sekaligus pemberian penghargaan di lobi Kantor Bupati, lomba membuat engkak ketan di samping kantor Bupati, lomba membuat tumpeng dan garnis yang diikuti oleh 15 Kecamatan dan 27 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Kagungan Setdakab,” masih kata Adi Utama.

“Lalu lomba kebersihan dan badminton,” lanjut Sekda Lampung Barat seraya menambahkan terkait waktu dan tempat pelaksanaan akan didiskusikan pihak terkait terlebihh dahulu.

Adi Utama berharap, berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Barat dapat berjalan dengan lancar.

“Saya berpesan kepada stekholder yang telah ditentukan pada hari ini agar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, agar kegiatan kita berjalan dengan lancar,” Pesan Adi Utama.

“Jalin sinergiritas yang baik, jaga kekompakan. Seberat apapun yang akan kita lakukan jika saling bahu membahu akan terasa ringan,” Pungkasnya.