Zulpa Kalya Putri (12) tahun asal Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, berhasil meraih Runner Up V dalam perhelatan Grand final Puteri anak Indonesia tahun 2023.

Ajang bergengsi tersebut diikuti oleh 42 peserta perwakilan Provinsi se-Indonesia. Berlangsung di gedung pusat Perfilman Usmar Ismail Jakarta Pusat pada hari Selasa (31/10/2023).

Rina Agustina, ibu dari salah satu puteri terbaik Kabupaten Lampung Barat menceritakan sebelumnya Kalya (sapaan akrabnya bagi siswi SMPN Sekuting terpadu itu) bersama 42 finalis dari berbagai Provinsi di Indonesia telah mengikuti karantina di hotel Yello Harmony Jakarta Pusat.

“Sebelumnya Kalya bersama 42 finalis lainnya telah dilakukan karantina sejak tanggal 28 hingga 31 Oktober 2023 di hotel Yello Harmony Jakarta Pusat,” sebutnya.

“Alhamdulillah Kalya berhasil meraih Runner Up V. Tentu ini menjadi kebanggan tersendiri bagi kami selaku orang tua,” sebutnya.

Selain itu, Rina mengatakan keberhasilan Kalya dalam ajang bergengsi tersebut merupakan persembahan untuk Provinsi Lampung.

“Tentu keberhasilan putri kedua kami ini merupakan persembahan kepada Provinsi Lampung khususnya Lampung Barat,” tuturnya.

Terlebih, menurutnya sejauh ini Pemerintah Kabupaten Lampung Barat turut serta berpartisipasi dengan salah satunya memberi dukungan sepenuhnya.

“Dalam hal ini saya mewakili keluarga menyampaikan terimakasih setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Lampung khususnya Lampung Barat selama ini sudah memberi dukungan terhadapa anak kami,” sebutnya

“Tidak lupa juga kami sampaikan terimakasih setinggi-tingginya atas dukungan seluruh masyarakat Lampung khususnya Lampung Barat,” masih kata dia.

Mendengar prestasi yang berhasil diraih salah satu putri terbaiknya, ketua Dekranasda Kabupaten Lampung Barat Dra. Zelda Naturi menyampaikan rasa bangganya, sebab kendati berasal dari daerah terbilang di ujung Provinsi Lampung namun berhasil menunjukkan eksistensi di tingkat Nasional.

“Saya selaku ketua Dekranasda Kabupaten Lampung Barat merasa bangga sekaligus apresiasi setinggi-tingginya kepada anak kami Zulpa Kalya Putri meskipun berasal dari daerah namun berhasil menunjukkan prestasinya di tingkat Nasional,” kata Zelda Naturi diruang kerjanya, Rabu (01/11/2023).

“Saya secara pribadi dan mewakili Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menyampaikan selamat kepada Kalya,” sambungnya.

Dirinya berharap, prestasi yang berhasil diraih Kalya dapat menjadi contoh sehingga menumbuhkan semangat kaum remaja di Lampung Barat untuk terus berkarya.

“Semoga keberhasilan Kalya ini dapat memacu semangat dari pada remaja di Lampung Barat agar terus berkarya untuk memajukan nama Lampung Barat,” jelasnya.

Untuk diketahui, Zulfa Kalya Putri merupakan putri asli Lampung Barat anak kedua dari pasangan Muzairi dan Rina Agustina.

Sebelumnya telah berhasil meraih juara 2 sekaligus dinobatkan sebagai Putri Anak Pariwisata serta Anak Media Sosial tahun 2023 pada ajang pemilihan Putri Remaja Provinsi Lampung pada bulan Juli lalu.

Pada ajang bergengsi tersebut sebagai pemenang juara 1 dan juara 2 akan mewakili Lampung mengikuti ajang pemilihan tingkat nasional.