Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pengurus Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Lampung Barat periode 2022-2027 resmi dikukuhkan, bertempat di Lamban Pancasila Kecamatan Balik Bukit, Minggu (29/10/2023).

Pengukuhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah se-Kabupaten Lampung Barat dilakukan langsung oleh wakil ketua Muhammadiyah Provinsi Lampung Prof. Dr. H. Warsito, S.Si.,D.E.A berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor : 001/KEP/III.0/0/2023 Tanggal 30 Juni 2023 tentang susunan dan personalia pimpinan daerah Muhammadiyah Kabupaten Lampung Barat.

Sedangkan pengukuhan pimpinan daerah Aisyiyah Kabupaten Lampung Barat dilakukan oleh pimpinan wilayah Aisyiyah Provinsi Lampung Prof. Dr. Hj. Enizar M.Ag berdasarkan SK: Nomor 033/SK-PWA/A/VI/2023 tanggal 21 Juni 2023 tentang penetapan anggota pimpinan daerah Aisyiyah Kabupaten Lampung Barat.

Pengukuhan turut disaksikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M melalui Staf Ahli bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Sugeng Raharjo, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Ismun Zani, perwakilan polres dan instansi vertikal lainnya.

Dalam sampaiannya, staf ahli bupati Lampung Barat menyampaikan selamat dan sukses atas pengukuhan tersebut, pihaknya optimis dengan nahkoda dan semangat baru itu dapat membawa Muhammadiyah akan terus maju.

“Atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Lampung Barat saya menyampaikan selamat kepada saudara-saudara yang baru saja dikukuhkan,” ucapnya.

“Alhamdulillah hari ini sudah kita kukuhkan, semoga bisa terus berkarya demi kemajuan Muhammadiyah sehingga gerakan yang dilakukan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” lanjutnya.

Ia menambahkan bahwa Muhammadiyah adalah organisasi yang terbesar, terlebih dibidang hal amal usahanya, sehingga hal tersebut perlu terus dijaga dan dikuatkan.

Tidak hanya itu, Sugeng Raharjo berharap usai pengukuhan seluruh pimpinan daerah Muhammadiyah diharapkan terus bekerja dan menjalin sinergiritas kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Sebab dikatakannya, selama ini Muhammadiyah sangat berkontribusi terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM) diantaranya melalui bidang pendidikan hingga syiar dakwah.

Ia menyebut menjadi pemimpin Muhammadiyah tidaklah mudah, oleh karena itu Sugeng Raharjo berpesan agar niatkan karena ridho Allah Subhanahu Wata’ala.

“Jadi pimpinan Muhammadiyah itu dibutuhkan keikhlasan, Muhammadiyah ini organisasi, tempat orang yang memiliki pandangan dan tujuan sama dalam mencapai tujuan organisasi Muhammadiyah, Muhammadiyah merupakan wadah tempat beramal saleh,” ujarnya.

Ditempat yang sama, ketua Muhammadiyah Kabupaten Lampung Barat Martin Wizep mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah turut berpartisipasi dalam kelancaran kegiatan tersebut.

Karena menurutnya, ormas Muhammadiyah khususnya di Kabupaten Lampung Barat sejauh ini mendapat support yang
baik dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat. Ia berharap support tersebut menjadi asupan energi penyemangat bagi ormas Muhamamdiyah ke depannya.

Martin Wizep berharap dengan dilakukannya pengukuhan tersebut ke depannya dapat menumbuhkan jiwa semangat bagi pengurus Muhammadiyah Kabupaten Lampung Barat guna memajukan pembangunan di Kabupaten berjuluk Negeri di Atas Awan itu.

Lanjutnya, Martin Wizep menyampaikan, pihaknya akan terus bertekat memajukan Muhammadiyah di Lampung Barat.

Dirinya meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lampung Barat agar memberi peluang menjalin sinergiritas dengan tujuan memajukan pembangunan.

“Kami Muhamamdiyah Kabupaten Lampung Barat sangat mengharapkan bimbingan dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat,” jelasnya.

Untuk diketahui pengukuhan pimpinan daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Lampung Barat tersebut berdasarkan hasil Musyawarah Daerah (Musda) pada pada tanggal 23 Mei 2023 lalu.

Berikut nama-nama pimpinan daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Lampung Barat priode 2022-2027 yang telah dikukuhkan.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah
Ketua : Martin Wizep,S Ag
Wakil Ketua 1 : Usman
Wakil Ketua 2 : Ahmad Haris, S.Pd
Wakil Ketua 3 : Rozi Siswanto. Wakil Ketua 4 : Dedi Kurniawan. Wakil Ketua 5 : Torigoddin, S Pd I. Wakil Ketua 6 : Wirawansyah, S.Sos.
Wakil Ketua 7 : AM. Endra Mulya, S Pd.
Sekretaris : Samsul Hadi Annur, M.Pd.I.
Wakil Sekretaris : Ahmadi, S Pd. Bendahara : Lenteri, A.Md.

Pimpinan daerah Aisyiyah Kabupaten Lampung Barat.
Ketua 1: Defty Ekyasari, S.Pd.iI., M.M.
Wakil Ketua 1 : Suyanti, S.Pd. Wakil Ketua II : Anis, S.Pd., M.Pd. Wakil Ketua III : Andraini, S.Pd., M.Pd.
Wakil Ketua IV : Minarti S.Ag. Sekretaris : Kelana Indah Susilawati, S.Hut, M.P.
Wakil Sekretaris : Novalia, SH. Bendahara : Noni Yulisti.
Wakil Bendahara : Widawati, S.IP.