Tim Penggerak Pemeberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lampung Barat melakukan monitoring sekaligus pembinaan terhadap kader posyandu Kenanga 1 Pekon Trimulyo Kecamatan Gedung Surian, Kamis (12/10/2023).

Kegiatan berlangsung di Balai Pekon Trimulyo, dibuka langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Barat Ny. Dra. Zelda Naturi Nukman serta dihadiri Sekretaris Ny. Rosila Wati, Pokja 1 Ny. Leli Sugeng, Pokja 2 Ny. Mila Kartika Sari, Pokja 3 Ny. Surneti, Pokja 4 Ny. Warisa, Sekretaris Camat (Sekcam) Gedung Surian Drs. Narsan, Peratin setempat dan para kader posyandu kenangan 1.

Dalam monitoringnya, ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Barat terlihat turut serta dalam melaksanakan pemeriksaan kepada balita yang mengikuti posyandu.

Ibu tiga anak dengan raut muka yang ceria tidak sungkan menggendong balita satu persatu yang akan melakukan pengecekan berat dan tinggi badan.

Sesekali ia melakukan poto bersama balita sembari berdialog kepada masyarakat, dalam dialognya istri orang nomor satu di bumi beguai jejama itu menanyakan terkait keaktipan posyandu kenanga 1.

Dalam kesempatan itu, Zelda Naturi Nukman mengapresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terimakasih kepada kader posyandu kenanga 1.

Sebab menurutnya, kader posyandu kenanga 1 sejauh ini terbilang aktip dalam hal kegiatan posyandu balita dan lansia.

Dirinya meminta agar ke depannya kegiatan posyandu di Pekon Trimulyo supaya tetap berjalan dengan aktif.

“Saya selaku ketua TP-PKK Kabupaten menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada kader posyandu Kecamatan Gedung Surian dalam hal ini khususnya Pekon Trimulyo selama ini sudah berperan aktif dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Lampung Barat bidang kesehatan balita,” ucapnya.

Karena dikatakannya, tanggung jawab terhadap kesehatan balita di Lampung Barat bukan hanya sekedar tanggung jawab Pemerintah Kabupaten saja, namun pemerintah tingkat Kecamatan hingga pekon memiliki tanggung jawab yang sama.

“Saya berharap kita sama-sama semangat dalam menjaga kesehatan anak-anak kita dengan tujuan agar perkembangan mereka tumbuh dengan normal,” ucap Zelda Naturi dalam sambutannya.

Terkait pembinaan, dirinya berharap kepada kader posyandu kenanga 1 agar dapat memanpaatkan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Dengan adanya pembinaan ini saya berharap agar diikuti dengan serius, tujuannya supaya ke depannya dapat diterapkan terhadap pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Sementara ditempat yang sama Sekcam Gedung Surian Narsan mengatakan, sejauh ini pekon Trimulyo aktif menggelar posyandu satu bulan sekali.

“Alhamdulillah pekon Trimulyo ini selalu aktif melaksanakan posyadu satu bulan sekali, bukan hanya saat akan ada kunjungan saja bu,” kata dia.

Dirinya berpesan kepada kader posyadu kenanga 1 agar apa yang didapat dari pembinaan tersebut diterapkan terhadap masyarakat Trimulyo.

Untuk diketahui, pembinaan yang disampaikan TP-PKK Kabupaten Lampung Barat terhadap kader posyadu kenanga 1 pekon Trimulyo Kecamatan Gedung Surian terkait kelembagaan tim penggerak PKK kecamatan dan pekon disampaikan Ny. Rosila Wati, pembuatan toko PKK pekon Ny. Mila Kartika Sari, Penjualan produk UP2K Ny. Surneti dan sosialisasi kecakapan kader dan 25 kompetensi dasar disampaikan Ny. Warisa.