Para atlet dan pelatih peraih medali pada Porprov Lampung ke-IX tahun 2022 menerima tali asih dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat melalui Komite Olahraga Nasional (KONI) Lampung Barat.

Penyerahan tali asih tersebut berlangsung di Sekolah Kopi, Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumberjaya pada hari ini, Kamis (18/5/2023)

Tali asih tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum KONI Lambar Hi. Parosil Mabsus kepada para atlit dan pelatih peraih medali dengan total nilai sebesar Rp800 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lampung Barat anggaran tahun 2023.

Selain ketua Umum KONI Lampung Barat, kegiatan itu pun dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat yang diwakilian kepala Disporapar Dahlin, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak), Ketua Harian KONI Lambar Bambang Kusmanto serta jajaran pengurus, Anggota Bidang Organisasi KONI Lampung Ulul Azmi Soltiansya serta para atlet dan pelatih peraih medali Poprov Lampung IX.

Tali asih tersebut diberikan untuk atlet dan pelatih peraih medali emas, perak dan perunggu, dengan rincian sebanyak 130 medali dan 14 pelatih.

Besaran tali asih yang diberikan, untuk atlet peraih medali emas sebesar Rp8 juta, untuk peraih medali perak Rp4,5 juta dan untuk peraih medali perunggu Rp2,5 juta.

Sementara untuk pelatih, peraih medali emas pertama sebesar Rp8 juta, kemudian emas kedua dan selanjutnya Rp500 ribu, pelatih medali perak Rp4 juta dan medali perak kedua dan selanjutnya Rp300 ribu, lalu untuk pelatih peraih medali perak pertama Rp2,5 juta, dan medali perak selanjutnya Rp200 ribu.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Padang Priyo Utomo.

“Selain itu, untuk atlet peregu Futsal berhasil meraih medali perak san mendapatkan tali asih sebesar Rp25 juta,” ungkap Padang.

Kemudian Padang mengatakan, pada Porprov IX 2022 lalu untuk Kabupaten Lampung Barat mengikuti 19 Cabang Olahraga (Cabor) yang terdiri dari Atletik, Bola Basket, Bola Volly, Bulutangkis, Catur, E-Sport, Futsal, Gulat, Karate, Kempo, Kick Boxing, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Renang, Sambo, Taekwondo, Tarung Derajat, dan Tenis Meja.

Jumlah kontingen Lampung Barat sebanyak 185 orang yang terdiri peserta dari 19 Cabang Olahraga diantaranya 14 Cabang Olahraga berhasil memperoleh prestasi terbaik dengan perolehan medali berupa Medali Emas, Medali Perak, dan Medali Perunggu.

Perlu diketahui, Ke-14 Cabor tersebut adalah Renang, Karate, Taekwondo, Pencak Silat, Tarung Derajat. Panjat Tebing, Futsal, Gulat, Panahan, Kempo, Atletik, Sambo, Kick Boxing, dan Catur. Jumlah Atlet peraih Medali (Emas, Perak, Perunggu) sebanyak 130 medali.

Sehingga pada ajang Porprov kali ini, Lampung Barat telah berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan.

Jika dibandingkan dengan Porprov sebelumnya, prestasi Kabupaten Lampung Barat di dunia olahraga pada ajang provinsi, meningkat cukup drastis. Hal tersebut terlihat dari capaian perolehan medali baik Medali Emas, Medali, Perak, maupun medali perunggu.

“Jika dibandingkan dengan perolehan sebelumnya pada Porprov VIII Kabupaten Lampung Barat berhasil memperoleh 27 Medali Emas, sementara pada Porprov IX Kabupaten Lampung Barat berhasil membawa pulang 45 Medali Emas, 32 Medali Perak, dan 69 Medali Perunggu,” ungkap Padang.

Selain itu, Ketua Umum KONI Lampung Barat Parosil Mabsus melalui sambutannya, dia mengatakan jika penyerahan tali asih itu merupakan penantian yang sangat di tunggu-tunggu olehnya dan seluruh atlet yang berhasil mengharumkan nama baik Kabupaten Lampung Barat.

“Penantian ini sebenarnya lebih lama dinantikan oleh Ketua KONI Lampung Barat dari pada para atlet, karena setiap tetesan keringat harus segera di balas dan diberi apresiasi serta perhatian tetapi karena memang sudah menjadi aturan semua kegiatan tahun 2022 tali asih baru bisa diberikan pada tahun 2023,” kata Parosil

Namun hal tersebut, kata Parosil, tentunya akan menjadi catatan bagi KONI Lampung Barat agar bagaimana ke depan bisa memberikan sebuah pembicaraan atau komunikasi dan koordinasi agar hal seperti ini tidak terulang lagi, karena semua bisa diukur dan dihitung.

“Karena sudah enam bulan baru bisa kita berikan tali asih dan perhatian kepada para atlet yang sudah berjuang mengharumkan Pemkab Lambar ditingkat Provinsi, saya selaku Ketua KONI Lampung Barat menyampaikan terima kasih kepada pemkab yang telah memberikan perhatian kepada atlet,” kata Parosil

Sebab, lanjutnya, dengan adanya tali asih sebagai bentuk perhatian dari Pemkab ini akan menjadi spirit dan daya juang bagi para atlet agar lebih bersemangat dalam berjuang mengharumkan nama baik Lampung Barat dan bisa meraih prestasi yang lebih tinggi lagi baik tingkat nasional ataupun Internasional.

Sementara itu, Pj. Bupati Lampung Barat, Drs. Nukman melalui sambutannya yang diwakilkan Kepala Disporapar, Dahlin, memberikan apresiasi kepada para atlit dan pelatih yang telah menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Kabupaten Lampung Barat di Porprov IX yang diselenggarakan di Kota Bandar Lampung pada tahun 2022 kemarin.

“Saya memberikan apresiasi kepada para atlit dan pelatih yang telah menorehkan prestasi pada Porprov IX,” ucapnya.

Dari hal itu, Dahlin berharap para atlit dan pelatih dapat mempertahankan dan meningkatkan capaian prestasi tersebut ke depannya.