Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lampung Barat mengadakan cuci tangan dalam rangka memperingati hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (CTPS).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Tim TP-PKK Kabupaten Lampung Barat Dra. Zelda Naturi Nukman, bertempat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pekon Marga Jaya Kecamatan Pagar Dewa, Rabu (11/10/2023).

Kegiatan itu bertajuk “Tangan Bersih Berada Dalam Jangkauan”

Zelda Naturi menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut, menurutnya melalui cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu langkah untuk melindungi kesehatan.

“Kegiatan cuci tangan pakai sabun ini merupakan salah satu metode yang mudah untuk dilakukan guna menangkal penyakit,” jelasnya.

Ibu tiga anak itu, berharap kegiatan tersebut ke depannya agar rutin melaksanakan dengan tujuan agar terciptanya masyarakat yang hidup bersih.

“Saya berharap kegiatan seperti ini ke depannya rutin untuk dilakukan dengan tujuan mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,” terangnya.

“Selain itu sebagai upaya ngajarkan mereka untuk hidup sehat sejak usia dini,” sambungnya.

Sementara, Sekretaris Camat (Sekcam) Pagar Dewa Yoga Suhana ST., MT menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi menggelar kegiatan tersebut.

Sebab menurutnya, tanpa adanya partisipasi dari semua pihak kegiatan tersebut tidak akan dapat berjalan dengan lancar.

Ia berharap, agar masyarakat membudayakan dan membiasakan cuci tangan pakai sabun sejak dini untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri serta orang sekitar.

Pada kesempatan itu juga, dilakukan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) melalui Pemberian Makan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) diperuntukan untuk 100 siswa siswi.

Selain itu, pemberian bantuan tas kepada 5 siswa yang kurang mampu, dan pembagian doorprize.

Zelda Naturi berharap, dengan adanya kegiatan itu, akan berpengaruh besar terhadap peningkatan derajat kesehatan anak-anak dan masyarakat Lampung barat.

Untuk diketahui, 15 Oktober merupakan hari peringatan cuci tangan pakai sabun sedunia.