Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus – Drs. Mad Hasnurin (PM) menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Way Tenong, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kabupaten Lampung Barat, Kamis (24/2/2022).

 

Acara tersebut dipusatkan di Cai Kahuripan, Pekon Puralaksana, Kecamatan Way Tenong dan dihadiri Anggota DPRD Lampung Barat, Assisten Bupati, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Uspika Kecamatan Way Tenong, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah dan Peratin, Kepala Sekolah, para Dewan Guru, Tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.

 

Kehadiran PM di lokasi acara disambut antusias masyarakat setempat dengan arak-arakan budaya Singa Depok. Dalam arak-arakan tersebut, PM ditandu menaiki Singa Depok menuju panggung acara.

 

Sesampainya di panggung acara, PM dan rombongan kembali disuguhkan persembahan Tari Sembah Batin dari anak-anak lamban baca Pekon Padang Tambak Kecamatan Way Tenong.

 

Kemudian ditampilkan pula Kuntau Geru Semende dan diakhiri Penampilan Tari Jaipong dari Sanggar Siliwangi Singa Samudera.

 

Pelaksanan Musrenbang di Kecamatan Way Tenong tersebut didukung dengan adanya pameran produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan dan UMKM.

 

Pada Musrenbang tingkat kecamatan ini didukung dengan berbagai macam pelayanan. Mulai dari pelayanan Administrasi Kependudukan, seperti perekaman e-KTP, Penerbitan KK, e-KTP, KIA, akta kematian, kelahiran dan perkawinan.

 

Selain itu adanya pelayanan perizinan, seperti pembuatan kartu pencari kerja (kartu kuning), Izin UMKM, izin urusan kesehatan (praktek dokter, bidan, perawat dan apoteker).

 

Kemudian adanya pelayanan Keluarga Berencana (KB), pelayanan Vaksinasi Covid-19 dan cek golongan darah, pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan ternak serta pelayanan perpustakaan keliling.

 

Dari sekian banyak pelayanan yang mendukung berjalannya Musrenbang tingkat kecamatan tersebut, ditujukan untuk mempermudah dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

 

Hal itu juga merupakan salah satu implementasi dari salah satu dari Pitu program poin keenam yang dicanangkan Pemkab Lampung Barat di bawah kepemimpinan Bupati Parosil dan Wakil Bupati Mad Hasnurin (PM), yaitu Masyarakat Berdaya Saing dan Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik

 

Pada acara itu, Parosil memberikan doorprize kepada para masyarakat yang mengetahui Pitu program dan tiga komitmen yang dicanangkan PM.

 

Melalui sambutannya, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus mengatakan, Musrenbang adalah tempat penjaringan aspirasi masyarakat terkait pembangunan dengan menggunakan skala prioritas.

 

“Dalam Musrenbang ini kita membicarakan pembangunan menggunakan skala prioritas,” ucap Parosil.

 

“Kira-kira apa yang menjadi skala prioritas di Kecamatan Way Tenong ini akan kita tangani,” sambungnya.

 

Sementara itu, Husein, salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Way Tenong, ia mengatakan jika program yang dicanangkan PM di masa kepemimpinannya sangat bermanfaat bagi masyarakat.

 

“Pitu program unggulan pak Bupati ini sangat membantu, bermanfaat, dan sangat menunjang masyarakat dalam membangun pembangunan,” ucapnya.

 

Husein berterimakasih atas kinerja PM dengan program-program yang diusungnya.

 

“Saya berterimakasih kepada pak Bupati dan pak Wakil Bupati yang sudah amanah dalam menjalan program-program unggulannya dengan baik,” kata dia.

 

Terakhir, Husein berharap program-program PM untuk dapat terus dilanjutkan.

 

“Kami mohon program-program ini dilanjutkan dan terus dijalankan, karena melalui program-program unggulan ini kita sangat terbantu, aman dan tentram,” pungkasnya.