Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri Republik Indonesia (RI) ke-52 tahun 2023 bertempat di halaman kantor Bupati setempat, Rabu (29/11).

Upacara yang di pimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M tersebut sekaligus memperingati hari kesehatan Nasional ke-59, hari Guru Nasional dan hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-78 serta hari cinta puspa dan satwa Nasional.

Turut diikuti perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, pihak kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) anggota Korpri, dewan guru dan tenaga kesehatan.

Disela kegiatan dilakukan santunan kepada 50 anak yatim piatu dan penyerahan penghargaan satya lencana karya satya serta piagam penghargaan pensiun.

Dalam amanatnya, Pj. Bupati Lampung Barat mengatakan sejak didirikannya pada tanggal 29 November tahun 1971 lalu, Korpri telah menunjukkan peran serta tanggungjawabnya dalam memberikan pelayan kepada masyarakat.

“Sebagai organisasi yang mewadahi para Aparatur Sipil Negara (ASN) Korpri telah melaksanakan tugas-tugas Pemerintahan dan melayani masyarakat dalam berbagai bidang,” kata dia.

“Sesuai dengan tema Hut ke-52 Korpri tahun 2023 yaitu “Korprikan Indonesia”,” sambungnya.

Tercetusnya tema tersebut diharapkan para anggota Korpri semakin bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi melayani kepentingan masyarakat serta mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa serta mewarnai proses pembangunan Nasional.

Orang nomor satu di Bumi Beguwai Jejama Sai Betik tersebut berharap peringatan Hut ke-52 Korpri tahun 2023 hendaknya menjadi mentum untuk meningkatkan soliditas, soliraditas dan sinergiritas Korpri Kabupaten Lampung Barat.

“Saya berharap kepada seluruh anggota korpri dapat bersatu padu untuk menjalankan fungsinya dengan baik sesuai kapasitasnya selaku anggota Korpri, sebagai abdi negara dan abdi bangsa. Lakukan terus pelayanan dengan baik dan tingkatkan disiplin serta etos kerja,” tuturnya.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat saya mengucapkan selamat memperingati hari jadi Korpri yang ke-52 tahun 2023,” masih kata Nukman.

“Ucapan terima kasih sekaligus penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh keluarga besar Korpri Kabupaten Lampung Barat atas sumbangsih dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara selama ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan peringatan hari guru nasional dan HUT PGRI ke -78 tersebut ia juga menyapaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru, pamong dan tenaga kependidikn dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Tema peringatan hari guru nasional tahun 2023 adalah “Begerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar” kita berikan apresiasi dan penghargaan kepada para guru di Kabupaten Lampung Barat yang selalu belajar, berbagi, dan berkolaborasi pengan semangat merdeka belajar serta telah perjuang untuk menciptakan pembelajarn yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi murid,” ungkapnya.

Nukman berharap dedikasi dan pengabdian para tenaga pendidik menjadi penerang bagi bangsa, negara.