Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus menjadi inspektur upacara pada apel Mingguan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, (1/8/2022).

Apel itu diikuti seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Lampung Barat yang berlangsung di jalan kantor Bupati Lampung Barat.

Selaku inspektur, melalui amanatnya, Parosil mengatakan tepat pada 1 Agustus 2022 ini merupakan bulan bersejarah dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia yang penuh perjuangan, tetesan air mata dan juga tak terhitung jumlah korbannya.

“Hari ini kita sebagai abdi negara wajib mensyukuri apa yang telah diberikan Allah SWT kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucap Parosil.

Menyongsong peringatan dan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Parosil mewajibkan seluruh ASN untuk mengibarkan bendera merah putih.

“Sebagai tolak ukur kecintaan kita terhadap Republik Indonesia, kita memiliki simbol kebanggan, yaitu bendera merah putih,” ujar Parosil.

“Saya memberi imbauan dan arahan dan hukumnya wajib bagi ASN untuk mengibarkan bendera merah putih,” cetusnya.

Selain itu, Parosil memaparkan jika sudah dua Minggu yang lalu Sekretaris Daerah Lampung Barat telah dilantik secara definitif.

Parosil mengatakan, sekda memiliki peran besar dalam memberi dukungan tata kelola kepemerintahan. Dirinya berharap seluruh ASN dapat mendukung kinerja sekda dalam mensukseskan 7 program dan 3 komitmen yang dicanangkannya.

“Saya mengharapkan seluruh ASN dapat mendukung kinerja sekda dalam membantu Bupati dan Wakil Bupati mewujudkan 7 program dan 3 komitmen sebagai visi misi kepala daerah,” kata Parosil.

Kemudian, Parosil meminta staf dan jajarannya agar di bulan Agustus dan September ini menjadi satu tarikan nafas dalam meningkatkan dan mengevaluasi kinerja yang diberikan kepada masyarakat.

“Hari ini kita memasuki bulan Agustus, sebentar lagi bulan september. Bulan September memiliki sejarah historis terbentuknya Kabupaten Lampung Barat. Saya harapkan Bulan Agustus dan September menjadi satu tarikan nafas dalam meningkatkan dan mengevaluasi kinerja yang kita berikan kepada masyarakat Lampung Barat,” harapnya.

Selanjutnya Parosil meminta para camat dan seluruh ASN Pemkab Lampung Barat untuk mengisi kegiatan di bulan Agustus dan September penuh kemeriahan dan kegembiraan.

“Sebagai wujud syukur, mari kita adakan berbagai macam kegiatan, seperti contoh dengan membersihkan lingkungan masing-masing,” jelasnya.

“Harapannya sebelum 17 Agustus lingkungan kita harus segera dibersihkan atau dilakukan secara gotong royong dan kerja sama,” imbuhnya.

Parosil juga meminta sekda dan lembaga-lembaga di daerah agar menyampaikan pesan kepada masyarakat, untuk memasang bendera merah putih sebagai bentuk kebanggan dan kecintaan terhadap NKRI.

“Mari sama-sama kita menyampaikan pesan kepada masyarakat khususnya masyarakat Lampung Barat untuk memasang bendera sesuai surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait penyebaran dan pemasangan 10 juta bendera dalam memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia,” ajaknya.

Selain itu Parosil meminta seluruh jajaran ASN Lampung Barat untuk dapat meningkatkan kinerja disertai kedisiplinan.

“Saya mengharapkan seluruh jajaran ASN Lampung Barat untuk meningkatkan kinerja dan kedisiplinan. Jangan sampai merosot,” tegasnya.

Bersamaan dengan itu, Bupati Parosil menyerahkan medali dan piagam penghargaan kepada tiga kecamatan atas juara terbaik dalam ajang Pekan Olahraga Prestasi (POP) tingkat Kabupaten Lampung Barat tahun 2022.

Medali dan piagam itu diterima langsung oleh Camat Balikbukit sebagi juara I umum. Juara II Camat Sumberjaya dan juara III Camat Air Hitam.

Parosil selaku kepala daerah dan ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung Barat, dirinya menyampaikan apresiasi dan selamat kepada kecamatan yang sudah ikut memeriahkan Pekan Olahraga Prestasi tersebut.

“Saya ucapkan selamat kepada Kecamatan Balikbukit, Sumberjaya dan Air hitam yang menerima penghargaan dalam pelaksanaan Pekon Olahraga Prestasi (POP).