Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M menyerahkan sekaligus melauching kendaraan mobil ambulance Pekon kepada lapisan masyarakat Pekon Sedampah Indah Kecamatan Balik Bukit.

Penyerahan mobil ambulance Pekon ditandai dengan pemotongan pita serta penyerahan kunci mobil kepada tokoh masyarakat.

Penyerahan mobil ambulance Pekon juga, bertepatan dengan rangkaian kegiatan kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) ke-78 Republik Indonesia (Ri) yang digelar Pekon Sedampah Indah di Lapangan Sepak Bola Pekon Sedampah Indah, Jum’at (18/8/2023).

Kedatangan Pj. Bupati Lampung Barat bersama jajaran disambut hangat oleh lapisan masyarakat Pekon Sedampah Indah sebagai bentuk penghormatan atas kehadiran orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Negeri di Atas Awan itu.

Setibanya di lokasi, Pj. Bupati Lampung Barat yang didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. Wasisno Sembiring, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Peratin disuguhkan penampilan tari Sembah Batin, nyambai hingga pertunjukan seni bela diri dari masyarakat Pekon Sedampah Indah.

Dalam sambutannya, Nukman mengatakan sejak tahun 2018 lalu Kabupaten Lampung Barat telah mencanangkan program unggulan Ambulan Hebat. Hal tersebut merupakan inovasi guna memberi fasilitas kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Pada tahun 2018 lalu di bawah kepemimpinan bapak bupati Parosil Mabsus Pemerintah Kabupaten Lampung Barat telah mencanangkan salah satu program unggulan yakni Ambulan Hebat. Yang bertujuan memberikan sarana transportasi kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan gawat darurat medis sehingga dapat dirujuk kefasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yaitu Puskesmas,” jelasnya.

Dengan adanya ambulance Pekon Pj. Bupati Lampung Barat berharap dapat meningkatkan upaya pelayanan kesehatan kepada lapisan masyarakat Kabupaten Lampung Barat, dalam hal ini khususnya Pekon Sedampah Indah.

Mengingat geografis Kabupaten Lampung Barat sebagian besar merupakan daerah pegunungan sehingga mempengaruhi penyebaran penduduk yang tidak merata.

“Akibatnya masih ada masyarakat yang masih mengalami kesulitan saat akan mencapai pelayanan kesehatan,” sebutnya.

Oleh karena itu, salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Lampung Barat perlu adanya program ambulance Pekon yang menjadi fasilitas pelayanan masyarakat di Pekon.

Karena menurutnya, dengan adanya ambulance Pekon akan sangat membantu dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada lapisan masyarakat mengingat terbatasnya ambulance yang tersedia di Puskesmas.

“Dengan adanya ambulance Pekon diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses mode transportasi kesehatan gratis,” ujarnya.

Dirinya berpesan kepada masyarakat Pekon Sedampah Indah agar dapat menggunakan ambulance Pekon sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.

“Kepada bapak peratin, ke depannya mobil ambulance Pekon ini dijaga dengan baik, pergunakanlah untuk membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan,” pungkasnya.

Sholahuddin, mewakili masyarakat Pekon Sedampah Indah menyampaikan ucapan terimkasih kepada Pj. Bupati Lampung Barat beserta jajaran yang sudah menyerahkan kendaraan Ambulance Pekon.

“Saya mewakili masyarakat Pekon Sedampah Indah menyampaikan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada bapak Pj. Bupati Lampung Barat yang sudah menyerahkan sekaligus melauching ambulance Pekon ini,” terangnya.

“Tidak lupa juga kami sampaikan terimakasih kepada peratin Pekon Sedampah Indah bapak Yundri yang sudah menunjukkan program-programnya ketika mencalonkan diri sebagai calon Peratin beberapa waktu lalu salah satunya dengan mengusulkan mobil ambulance Pekon,” sambungnya.

Menurutnya, dengan adanya mobil ambulance Pekon tersebut ke depannya akan sangat membantu masyarakat Pekon Sedampah Indah ketika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

“Dengan adanya ambulance Pekon ini akan sangat membantu masyarakat ketika ada yang sakit untuk dibawa kerumah sakit,” pungkasnya.