Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lampung Barat Drs. Nukman M.M meninjau langsung persiapan Festival Sekala Bekhak ke-9 Tahun 2023 yang akan berlangsung di Gedung Pancasila, Kamis (15/07).

Kunjungan Pj. Bupati Lampung Barat bersama Asisten bidang Prekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring, melihat langsung kondisi di lapangan lokasi Festival Sekala Bekhak yang bakal dilaksanakan dari tanggal 18 hingga 20 Juni 2023 mendatang.

Dalam kunjungannya, Nukman bersama Wasisno sembiring nampak terlihat berbincang-bincang langsung terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Sembari mengelilingi stand UMKM, canda tawa ria sudah menjadi pemandangan yang tak asing ketika orang satu di Kabupaten berjuluk Negeri di atas awan tersebut ketika berdialog kepada masyarakatnya.

Disela peninjauan, dirinya menyempatkan melihat pelaksanaan pemilihan Muli Mekhanai Lampung Barat yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival tahunan yang biasa digelar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati Lampung Barat mengungkapkan rasa bangganya, sebab, pelaksanaan Festival Sekala Bekhak kali ini terdapat suatu yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Festival Sekala Bekhak yang bertajuk “Sekura” itu akan digelar perlombaan ngelemang yang diikuti setiap Pekonnya dari Kecamatan Balik Bukit dan Batu Brak pada hari Minggu 18/06/2023 mendatang.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan Festival Sekala Bekhak tahun ini, yang akan didominasi dengan berbagai perlombaan salah satunya lomba ngelemang, yang merupakan makanan khas masyarakat Lampung Barat yang keberadaannya saat ini sudah mulai jarang,” Terangnya.

Selain itu, Pj. Bupati Lampung Barat berharap, persiapan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga kegiatan berjalan sukses sesuai dengan yang telah direncakan.

Nukman berpesan agar seluruh panitia selalu menjaga kebersamaan dan kekompakan, sebabnya hal tersebut merupakan hal terpenting untuk mencapai kesusesan kegiatan.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat Endang Guntoro menyampaikan sejauh ini persiapan sudah memasuki 80 persen.

“Sejauh ini persiapan sudah memasuki sekitar 80 persen, rencananya persiapan secara keseluruhan akan dipersipkan besok (16/6/2023),” Kata dia.

Selanjutnya, dirinya mengatakan, dalam acara tahunan tersebut beragam penampilan menarik dari masing-masing Kecamatan di Lampung Barat akan mengisi rangkaian Festival Sekala Bekhak ke 9 tersebut.

“Akan ada penampilan perlombaan seni budaya nyambai yang akan mengenakan seragam sekura akan dipertunjukkan 70 grup dan 30 grup orkes dari berbagai Kecamatan,” Jelasnya.

“Selain itu, terdapat 35 UMKM lokal dan 25 UMKM Nusantara,” Lanjutnya.