Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lampung Barat melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Tahun 2023 dalam rangka pemantapan program TP-PKK dalam mewujudkan ketahanan keluarga untuk Lampung Barat Hebat, Kamis (16/2/2023).

Rakor itu berlangsung di Aula Kagungan Setdakab. Lampung Barat yang dipimpin langsung oleh Ketua TP-PKK Lampung Barat, Ny. Zelda Nukman, serta 126 orang yang terdiri dari pengurus TP-PKK Kabupaten sebanyak 31 orang, OPD terkait 5 orang dan TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Lampung Barat dengan jumlah 90 orang.

Selaku Ketua TP-PKK Lampung Barat, Ny. Zelda Nukman, dirinya menjelaskan, jika strategi gerakan PKK merupakan suatu perangkat perencanaan dan pelaksansan program atau kegiatan dalam mewujudkan visi dan misi gerakan PKK.

Di samping itu, lanjut Zelda, strategi gerakan PKK menjadi dasar bagi pencapaian rencana induk gerakan PKK mulai dari TP-PKK Pusat hingga TP-PKK Pekon dan kelurahan dengan menerapkan 10 program pokok PKK.

Penjabaran dari 10 Program Pakok PKK tersebut terdapat program unggulan yang merupakan ciri khas gerakan PKK untuk mencapai visi dan misinya yang mutlak dilaksanakan oleh seluruh jajaran tim penggerak pusat dan daerah sampai dengan kelompok-kelompok PKK dan dasa wisma sesuai dengan peran, fungsi dan kapasitas masing-masing.

Zelda juga menyatakan TP-PKK merupakan salah satu mitra kerja pemerintah, selaku fasilitator, perencana pelaksana, pengendali dan penggerak pada mesing-masing jenjang untuk terlaksananya 10 program pokok PKK.

“Pada hari ini kita dapat melaksanaken Rakor PKK Kabupaten yang tujuannya adalah untuk mensinergikan program kegiatan antara TP-PKK Kabupaten dengan TP-PKK Kecamatan dan OPD terkait,” ungkap Zelda.

Zelda berharap, Rakor tersebut dapat menjadi wadah para anggotanya untuk memajukan PKK Lampung Barat ke arah lebih baik sesuai dengan kegiatan yang diprogramkan di tahun 2023.

“Mari kita jadikan momentum ini sebagai ajang silaturahmi, saling tukar pendapat, mendiskusikan program PKK yang lebih bak lagi kedepannya nanti,” ajaknya.

Mengakhiri sambutannya, Zelda pun menyampaikan sebuah pantun. Pantun tersebut berbunyi:
“Teruslah menjadi inspirasi
Jangan hanya retorika
Teruslah berinovasi
Maju jayalah PKK,” pungkasnya.