Pengurus Daerah (Pengda) Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Lampung Barat resmi dikukuhkan, bersamaan dengan pelaksanaa Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV Himpaudi tahun 2022 yang berlangsung di Aula Kagungan Setdakab. Lampung Barat, Sabtu (13/8/2022).

Nova Christina S,IP. M.Si terpilih sebagai Ketua Himpaudi Kabupaten Lampung Barat periode 2022 – 2026 secara aklamasi pada Musda ke-IV Himpaudi yang dilantik langsung Ketua Himpaudi Provinsi Lampung Dr. Ir. Hj. Citra Persada, MSc., menggantikan Ketua Himpaudi sebelumnya Partinia Parosil Mabsus.

Pelantikan Pengurus Daerah Himpaudi Kabupaten Lampung Barat itu berdasarkan surat keputusan pengurus wilayah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia Provinsi Lampung Nomor: 031/SK/PW HIMPAUDI LPG/VIII/2022 tentang pengangkatan, pelantikan dan pengesahan pengurus daerah Himpaudi Kabupaten Lampung Barat masa bakti 2022 – 2026.

Pelantikan himpaudi ini ditandai dengan penyerahan bendera pataka dari Ketua Himpaudi Provinsi Lampung Dr. Ir. Hj. Citra Persada, MSc., kepada Nova Christina S,IP. M.Si selaku ketua Himpaudi terpilih. Kemudian dilakukan pemasangan pin himpaudi dan ditutup penandatanganan berita acara pelantikan.

Pelantikan Himpaudi yang bertema “Himpaudi mandiri menuju guru profesional, terwujudnya Lampung Barat hebat” ini dihadiri Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Lampung Barat yang juga ketua Himpaudi Lampung Barat Periode 2018 – 2022, Partinia Parosil Mabsus, Kepala Dinas Kesehatan dr. Widyatmoko Kurniawan, S.Pb., Camat Balikbukit M.Yones, para pengurus Himpaudi Lampung Barat dan Sekretaris Himpaudi Provinsi Lampung Rita Sari, M.Pd.

Selaku Ketua Himpaudi Lampung Barat terpilih, Nova Christina mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya selaku ketua himpaudi Kabupaten Lampung Barat periode 2022-2026.

Nova optimis, ke depan ia akan berusaha menjadikan organisasi himpaudi sebagai organisasi mandiri dalam mewujudkan Lampung Barat hebat dan sejahtera.

“Ke depan, saya akan berusaha menjadikan organisasi himpaudi sebagai organisasi mandiri, membentuk profesionalisme tenaga pendidik, dan bersinergi dengan bunda paud, bunda literasi, dinas pendidikan dan instansi terkait lainnya untuk mewujudkan lampung barat hebat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bunda Paud Lampung Barat, Partinia Parosil Mabsus yang juga ketua Himpaudi Lampung Barat Periode 2018 – 2022 ia mengucapkan selamat kepada Nova Christina selaku ketua Himpaudi Lampung Barat yang baru saja dilantik.

“Saya mengucapkan selamat kepada ketua himpaudi dan pengurus himpaudi yang baru,” ucap Partinia.

“Semoga akan bisa mengemban amanah dengan baik,” sambungnya.

Partinia yang merupakan ketua Himpaudi periode sebelumnya, berharap ketua himpaudi dan para anggotanya dapat melakukan kerja sama yang baik dalam melaksanakan tugas.

“Semoga ketua himpaudi dan para anggotanya ini dapat bekerja sama dalam melakukan tugas dan dapat melakukan koordinasi kepada semua anggota himpaudi, kepada anggota IGRA, IGTKI, PAUD dan juga dinas-dinas terkait,” harapnya.

Selain itu Partinia mengatakan Himpaudi secara otomatis berhubungan dengan anak-anak bangsa, di masa keemasan anak-anak ini hal yang dibubutuhkan ialah bimbingan dan pembinaan dari peran Himpaudi.

“Inilah gunanya ada Himpaudi untuk memfasilitasi dan memberikan ruang kepada anak untuk berkembang,” pungkasnya.

Kemudian, melalui sambutannya, Ketua Himpaudi Provinsi Lampung Dr. Ir. Hj. Citra Persada, MSc., Mengatakan Himpaudi tidaklah seperti organisasi profesi lainnya, seperti Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) atau Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) karena anggotanya adalah guru.

Tetapi, lanjut Citra Persada, di himpaudi para anggotanya terdiri dari berbagai profesi, mulai dari akademisi, tenaga pendidik dan juga birokrat.

“Ini adalah suatu Kombinasi yang luar biasa,” terangnya.

Dia juga mengatakan, di Indonesia ada 400 ribu orang anggota Himpaudi, sementara di Provinsi Lampung sendiri ada 14.000 orang anggota, yang tujuannya adalah untuk melakukan pembinaan dan pengembangan organisasi secara berjenjang, menampung, memperjuangkan serta mewujudkan aspirasi para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini.

“Selain itu sebagi wadah atau tempat untuk memfasilitasi pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan anak,” tutupnya.

Berikut susunan personalia pengurus daerah Himpaudi Kabupaten Lampung Barat.

— I. Pembina:

1. Bupati Kabupaten Lampung Barat

2. Ketua DPRD Kabupaten Lampung Barat

— II. Penasehat:

1. Wakil Bupati Kabupaten Lampung Barat

2. Kepala Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Lampung Barat

3. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat

4. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat

5. Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Lampung Barat

6. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat

7. Bunda PAUD Kabupaten Lampung Barat

— III. Ketua: Nova Christina S,IP. M.Si

Wakil Ketua I: Nely Hasanah, S.Pd.AUD

Wakil Ketua II : Mila Kartikasari, S.Pd.AUD

Wakil Ketua III : Mashuri, S.Pd. M.M

Wakil Ketua IV : Kalpika Prabandaru

— IV. Sekretaris : Ilma Halida, S.Pd

Wakil Sekretaris : Alexander Saputra, S.H., MM

— V. Bendahara: Penti Oktavia, S.Pd

Wakil Bendahara: Hani Marliasari, S.Kom, MM

— VI. Bidang-bidang

A. Bidang organisasi

Ketua : Riswani, S.Pd

Anggota : Siti Paujah Susi Elwida, SE

B. Bidang Litbang dan diklat

Ketua : Tini Budiarti, S.Pd,SD

Anggota : Darmin Langago, S.E dan Beni Mismoyo

C. Bidang Humas dan kerja sama

Ketua: Kandung Hernowo, S.Pd

Anggota : Nani Kurniah, S.ST dan Andriyansyah

D. Bidang kesejahteraan sosial dan ekonomi

Ketua: Ahmad Hasyadi

Anggota: Welly Indriany, S.Pd., MM., dan Devi Novia, A.Ma.