Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) melakukan pemilihan Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022, yang di buka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Peberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten Lambar M.Danang Harisuseno S. Ag., MH. Rabu, (30/03/2022).

 

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kagungan tersebut mengusung tema “Aksi Remaja Hebat Mewujudkan Generasi Lampung Barat Yang Berencana”, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hendry Faisal., Para Dewan juri M Zaini S.Tp., Apsari Melati Prameswari S.Psi., Jimi Indra Widjaja S.E., Sahrul Ari Irawan S.P., Dedi Edwin serta Siswa-siswi SMA N 1 Liwa Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat.

 

Dalam kegiatan itu diikuti oleh 20 peserta perwakilan dari Sekolah Menengenah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang terdapat di Kabupaten Lambar.

 

Sebagai informasi pemilihan duta genre ini terdapat empat kategori penilaian yakni tentang public speaking, wawasan kebangsaan, pengetahuan tentang pusat informasi konseling dan generasi berencana serta penilaian dari media sosial mengenai tingkat kreatif pembuatan video mengenai tema yang sudah ditentukan pihak panitia.

 

Dari pemilihan duta genre Kabupaten Lambar tersebut terdapat tiga pasang pemenang yang telah dinilai oleh lima dewan juri yakni yang pertama pasangan M. Noviza Wendi perwakilan dari SMA N 1 Way Tenong dan Putri Salsa Bila Madayani dari SMA N 1 Belalu yang kedua Ammar Erlangga perwakilan SMA N 1 Liwa dan Ardhini Ramadhania SMA N 1 Way Tenong yang ketiga Jordi Dwi Setiawan SMA N 1 Sekincau Siti Hamidah Remaja SMA N 1 Way tenong

 

M.Danang Harisuseno S. Ag., M.H selaku kepala dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Peberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten mengatakan, tujuan dilaksanakannya duta genre kabupaten Lambar Tahun 2022, yakni untuk memantapkan pemahaman, pengetahuan dan wawasan serta meningkatkan pengetahuan para remaja dalam pendewasaan usia perkawinan dan pemahaman tentang reproduksi sehat untuk remaja.

 

Disela sambutannya Danang berharap, agar yang terpilih menjadi duta genre Lambar Tahun 2022 ini, memang yang terbaik dari seluruh peserta yang ada. agar kedepannya dapat membanggakan Kabupaten Lambar di tingkat Nasional.

 

“Mudah-mudahan siapapun yang terpilih menjadi duta genre tahun ini, bisa menjadi yang terbaik dan mewakili Kabupaten Lampung Barat untuk memperomosikan Lampung Barat di masa akan datang, “harapnya.

 

Sementara dalam sambutannya, Bunda Apsari Melati Prameswari, S.Psi selaku koordinator bina ketahanan remaja BKKBN Provinsi Lampung mengatakan bahwa kegiatan pemilihan Duta generasi berencana Kabupaten Lampung Barat tahun 2022, merupakan suatu kegiatan keterpaduan dalam rangka menyaring remaja-remaja terbaik, yang rangkaian kegiatan nya sudah dilaksanakan dari tanggal 1 Februari 2022.

 

Selanjutnya, Bunda sapaan akrabnya terhadap koordinator bina ketahanan remaja BKKBN Provinsi Lampung itu mengatakan banyak yang telah dicapai hingga tahap ini, namun masih memerlukan upaya yang luar biasa sehingga terpilihlah Duta generasi berencana kabupaten Lampung Barat.

 

Dengan dukungan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Peberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten Lambar kegiatan pemilihan duta genre itu tidak hanya akan berhenti pada tahap ini saja.

 

Ia berharap dengan adanya pelaksanaan pemilihan duta genre Kabupaten Lambar tahun 2022 ini, kedepannya dapat lebih terorganisir dan terarah dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan bersama.