Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (Harpi) Melati Kabupaten Lampung Barat Ibu Raudah resmi dilantik secara langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HARPI Melati Provinsi Lampung Ibu Imam Kasma Junelis, Minggu (20/3/2022).

 

Pelantikan tersebut ditandai dengan penyematan pin HARPI Melati dan penyerahan bendera pataka dari Ketua DPD Harpi Melati Provinsi Lampung kepada Ketua DPC Harpi Melati Lampung Barat.

 

Pelantikan Ketua DPC Harpi Melati Lampung Barat itu berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Pekon Karang Agung, Kecamatan Way Tenong dan turut dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus yang juga selaku pembina DPC Harpi Melati Lampung Barat, Perwakilan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Lampung Barat, Lurah Pajar Bulan dan Peratin setempat.

 

Pada momen tersebut, Ketua DPD Harpi Melati Provinsi Lampung Ibu Imam Kasma Junelis mengucapkan selamat kepada Pengurus DPC Harpi Melati Lampung Barat yang baru saja dilantik.

 

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus DPC Harpi Melati Lampung Barat, Allhamdullilah pelantikan berjalan lancar,” ucapnya.

 

Ibu Imam Kasma Junelis pun berharap kepada DPC Harpi Melati Lampung Barat untuk dapat menjalankan program Harpi Melati Sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADART) Harpi Melati.

 

“Kepada Ketua DPC terpilih, Ibu Raudah, semoga dapat membina dan menjalankan program bersama jajaran anggotanya yang sesuai dengan ADART Harpi Melati,” sambungnya.

 

Selain itu ia menjelaskan, bahwa Harpi Melati adalah organisasi yang berbadan hukum yang pusatnya di Jakarta dan didirikan pada tahun 1980.

 

“Visi misi kami adalah menggali dan melestarikan budaya dan tata rias pengantin dab adat istiadat yang ada di Nusantara ini agar anak cucu kita nantinya tetap mengenal budaya kita yang asli, sehingga tidak tergerus oleh modifikasi, modernisasi, dan budaya luar yang mengancam kepunahan,” paparnya.

 

Sementara itu, Partinia Parosil Mabsus selaku pembina DPC Harpi Melati Lampung Barat ia menjelaskan, bahwa Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia atau biasa disebut Harpi Melati merupakan salah satu organisasi yang bergerak di bidang sosial budaya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber manusia perias pengantin serta dalam rangka pengembangan dan pelestarian Budaya Indonesia, khususnya di bidang seni rias dan upacara adat pengantin.

 

Melalui keberadaan organisasi Harpi di Lampung Barat, Partinia berharap hal itu dapat mendukung pelestarian budaya Lampung dan Budaya asli Indonesia.

 

“Selain melestarikan seni dan budaya, diharapkan juga dapat meningkatkan sektor ekonomi kreatif Lampung Barat yang kian hari kian tumbuh, sehingga pemberdayaan terhadap sumberdaya manusia yang ada di Kabupaten Lampung barat,” ucap Partinia.

 

Bersamaan dengan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Harpi Kabuapten Lampung Barat yang Ke-8, Partinia mengucapkan selamat kepada Ketua Harpi Lampung Barat yang baru saja dilantik.

 

“Saya mengucapkan kepada seluruh jajaran Harpi Melati DPC Lampung Barat yang telah di lantik hari ini serta selamat ulang tahun kepada Harpi Lampung Barat yang ke-8, teruslah berkarya dan berikan yang terbaik bagi Lampung Barat,” ucapnya.

 

“Semoga para pengurus dapat mengemban amanah dan bekerja dengan tulus hati untuk mewujudkan kemajuan dan ke unggulan organisasi, serta mewujudkan sinergi positif antara pemerintah daerah Lampung Barat dan Harpi Melati,” pungkasnya.