Ditandai tendangan bola ke arah gawang, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus menutup laga persahabatan turnamen sepak bola antar lingkungan di Kelurahan Pajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Jumat (25/3/2022).

 

Pada penutupan turnamen sepak bola yang berlangsung di Lapangan Sanayuda Kelurahan Pajar Bulan, Kecamatan Way Tenong itu, Parosil mengatakan kegiatan turnamen tingkat lingkungan tersebut serasa menjadi tingkat kabupaten.

 

Hal itu lantaran padatnya penonton yang menyaksikan laga bergengsi tersebut hingga mencapai ribuan orang dari beberapa pekon (desa) yang ada di Kecamatan Way Tenong.

 

“Kegiatan ini tingkat lingkungan, tetapi rasanya tingkat kabupaten,” ucap Parosil.

 

Parosil pun bangga atas terselenggaranya acara tersebut, mengingat dalam dua tahun terakhir ini kegiatan yang rutin dilakukan itu terjeda akibat wabah covid-19.

 

“Pak Bupati bangga terutama kepada pemudanya, karang tarunanya, para clubnya dan para pelatihnya yang sudah bisa menyelenggarakan kegiatan turnamen sepak bola tingkat lingkungan, tatapi kegiatannya serasa tingkat kabupaten,” ungkap Parosil.

 

“Jadi kegiatan seperti ini memang penting, apalagi kita baru saja melewati pandemi Covid-19, jadi di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, dan ini menjadi ajang silaturrahmi,” sambungnya.

 

Dengan adanya kegiatan itu, Parosil berharap akan melahirkan bibit-bibit pemain yang nantinya dapat mengharumkan nama Kabupaten Lampung Barat di laga bergengsi tingkat Provinsi, Nasional hingga Internasional.

 

“Kita akan mencari bibit-bibit pemain yang nantinya akan dipilih oleh pelatihnya dan tim manager,” kata dia.

 

“Harapan pak bupati kepada ibu Lurah Pajar Bulan, kegiatan ini jangan dijadikan sekedar turnamen saja, tetapi ini menjadi liga selektif untuk menseleksi pemain-pemain,” imbuhnya.

 

Selain itu, Parosil melalui sambutannya menyinggung mengenai vaksinasi covid-19. Parosil berharap bagi masyarakat yang belum divaksin covid-19 agar segera melakukan vaksinasi covid-19.

 

“Saya berharap kepada masyarakat yang belum divaksin sampai vaksinasi dosis yang kedua, harapan pak bupati agar segera divaksin supaya bapak ibu bisa bebas beraktivitas,” harapnya.

 

“Tetapi berdasarkan informasi dari pemerintah pusat, bagi yang mau mudik ke Jawa Barat, mau ke Jakarta, mau ke Padang, tolong divaksin boster artinya harus divaksin sampai tiga kali,” tambahnya.

 

Mengakhiri sambutannya, Parosil berpesan kepada para pemain agar kegiatan turnamen tersebut dapat menunjukan sebuah keberhasilan dalam menjaga persatuan dan persaudaraan.

 

“Jadi turnamen ini bukan untuk merebutkan juara satu, tetapi menjalin persaudaraan, persahabatan dan pertemanan sekaligus juga menampilkan permainan menarik untuk penonton,” jelasnya.

 

Sebagai upaya memberi dorongan dan semangat serta motivasi bagi para pemain, Parosil memberikan apresiais kepada para club pemain yang mendapatkan juara.

 

“Pak bupati hari ini akan memberikan perhatian kepada club yang juara. Juara empat dibantu Rp.500.000,-, juara tiga Rp.500.000,-, juara dua Rp.500.000,-, dan juara satu Rp.1.000.000,-,” tutupnya.

 

Disela acara tersebut, Parosil memberikan doorprize kepada para penonton yang dapat menjawab pertanyaan mengenai pitu program yang dicanangkannya.

 

Dimana, penyerahan doorprize itu disaksikan langsung oleh Angota DPRD Lampung Barat Suharlan, S.Ag., Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Lampung Barat Drs. Nukman, M.M., Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Yudha Setiawan, S.Ip., Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lampung Barat Abdul Rosyid, S.Ag., Inspektur Pembantu (Irban) Kabupaten Lampung Barat Wilayah I Indrayani, M.Pd., Camat Way Tenong Bambang Hermanto, S.Pd.I., M.M., dan Lurah Pajar Bulan.