Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus – Mad Hasnurin (PM) menghadiri dan membuka langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan tahun 2022 di Kecamatan Gedung Surian yang dipusatkan di Pemangku Air Dadapan 3 Pekon Trimulyo, Jumat (11/2/2022).

 

Musrenbang tersebut dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kabupaten Lampung Barat.

 

Musrenbang itu dihadiri Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial beserta anggota, Staf Ahli, Assisten, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Camat Gedung Surian, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Peratin dan calon peratin, Kepala Sekolah, para Dewan Guru, Tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.

 

Musrenbang Kecamatan ini merupakan Musrenbang lanjutan yang sebelumnya telah dimulai dari tingkat Dusun dan Pekon.

 

Setelah dilakukan Musrenbang Kecamatan ini, selanjutnya akan dilakukan Musrenbang di tingkat Kabupaten, Kemudian naik lagi ke tingkat Provinsi dan terakhir di tingkat Nasional.

 

Hal itu merupakan tahapan penjaringan aspirasi dengan usulan-usulan terkait pembangunan yang dibutuhkan masyarakat.

 

“Harapannya proses ini dapat menjaring usulan pembangunan,” harap Pacik, sapaan akrab Bupati Parosil saat melakukan sambutan.

 

Pada Musrenbang itu, masyarakat mengajukan berbagai macam program pembangunan, mulai dari pendidikan, kesehatan hingga pertanian, akan tetapi dari sekian banyak usulan yang diajukan didominasi oleh usulan terkait pembangunan infrastruktur ruas jalan.

 

Namun Parosil menerangkan, dari sekian banyak usulan yang diajukan belum tentu dapat diakomodir seluruhnya, lantaran adanya keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat.

 

Dari hal itu, Parosil menjelaskan pihaknya akan memfilter usulan-usulan tersebut dengan skala prioritas yang memang dibutuhkan dan berdampak langsung kepada masyarakat.

 

“Dari sekian banyak usulan yang diajukan belum dapat diakomodir seluruhnya oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, karena kita menggunakan skala prioritas,” ucapnya.

 

Parosil mengatakan, rencananya pada tahun 2022 ini ruas jalan penghubung Kecamatan Sumber Jaya – Kecamatan Gedung Surian akan dibangun dengan anggaran dari Provinsi Lampung.

 

“Pembangunan ruas jalan Sumber jaya – Tri Mulyo ini merupakan kewenangan Provinsi Lampung, dan tahun 2022 akan dibangun,” ungkapnya.

 

Parosil menyatakan, jika pembangunan infrastruktur di Kecamatan Gedung Surian sudah 80 persen mantap.

Namun Parosil mengatakan yang menjadi PR di Kecamatan Gedung Surian saat ini ialah terdapat dua titik longsor akibat tingginya intensitas curah hujan. Dua titik longsor tersebut tepatnya berada di Pemangku Air Dadapan, Pekon Tri Mulyo.

 

Sehingga Parosil meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera menindaklanjutinya. Mengingat, ruas jalan tersebut merupakan jalan utama yang menghubungkan pekon-pekon yang ada di Kecamatan Gedung Surian.

 

Parosil mengatakan jika tidak segera ditindaklanjuti akan melumpuhkan perekonomian masyarakat.

 

“Ruas jalan Pura Mekar – Mekar Jaya ini adalah jalan poros yang sangat strategis, kalau tidak segera ditindaklanjuti khawatirnya akan melumpuhkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

 

Selanjutnya Parosil mengapresiasi Pekon Trimulyo karena talah menorehkan prestasi sebagai Pekon (Desa) terinovatif yang mengharumkan Kabupaten Lampung Barat di tingkat Provinsi hingga tingkat Nasional.

 

“Saya mengapresiasi Pekon Trimulyo ini, masyarakat Trimulyo mesti bangga, karena Pekon Trimulyo ini telah menorehkan prestasi, mewakili Provinsi Lampung di tingkat Nasional,” ungkapnya.

 

“ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Pak Bupati,” sambungnya.

 

Parosil berharap, Pekon Trimulyo dapat menjadi contoh bagi pekon-pekon lain yang ada di Kabupaten Lampung Barat karena telah dapat bersaing di kancah Nasional.

 

“Harapannya pekon-pekon lain bisa mengikuti jejak yang telah ditorehkan oleh Pekon Trimulyo yang dapat mandiri dan bersaing dengan desa-desa di luar Provinsi Lampung,” harapnya.

 

Sementara itu, mewakili masyarakat Kecamatan Gedung Surian, Sobri, ia mengatakan Musrenbang tersebut menjadi harapan masyarakat terkait dengan perencanaan pembangunan.

 

“Saya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah melaksanakan kegiatan Musrenbang di Kecamatan Gedung Surian. Karena dari sinilah kami bisa menyampaikan harapan kami terkait perencanaan pembangunan kedepan,” ucap Sobri.

 

Pada kesempatan itu Sobri menyampaikan aspirasi masyarakat terkait dengan Infrastruktur Mantap, dirinya meminta kepada PM untuk tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur terutama ruas jalan yang berada di Kecamatan Gedung Surian.

 

“Kami ada masalah terkait dengan ruas jalan, jadi kami mohon kepada bapak Bupati melanjutkan Pembangunan Insfratruktur jalan dari Pemangku Air Dadapan 1 sampai Air Dadapan 3 di Pekon Trimulyo,” pintanya.

 

“Kami sangat kesulitan karena ruas jalan itu penuh dengan lubang, jadi kami mohon perhatian bapak Bupati,” sambungnya.

 

Mengetahui masa jabatan PM yang memasuki tahun terakhir, Sobri menyampaikan Apresiasi khusus kepada PM. Karena menurutnya, sampai masa jabatan PM yang hanya tinggal beberapa bulan lagi, PM masih melaksanakan Pitu Programnya dengan baik.

 

“Saya menyampaikan apresiasi khusus kepada pak Bupati dan pak Wakil Bupati karena diakhir masa jabatan Pak Bupati dan Pak Wakil masih tetap melaksanakan program unggulannya dengan baik,” cetusnya.

 

“Kami juga sudah merasakan manfaat programnya,” tambahnya.

 

Terakhir, Sobri berharap, Kedepan Parosil dapat mencalonkan diri sebagai Bupati kembali dan melanjutkan program-programnya dalam kesejahteraan masyarakat.

 

“Kami mendukung Bapak Bupati melanjutkan program-program unggulannya pada periode yang akan datang, maka dari itu kami mohon bapak Bupati dapat mencalonkan diri kembali menjadi Bupati dan melanjutkan program-programnya untuk kesejahteraan masyarakat mewujudkan Lampung Barat Hebat, ” pungkasnya.

 

Diketahui, Musrenbang tersebut didukung dengan adanya bazar produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan dan UMKM. Kemudian didukung adanya pelayanan administrasi kependudukan, perizinan usaha, pelayanan Keluarga Berencana (KB) serta vaksinasi covid-19.

 

Pada acara tersebut Bupati Parosil secara simbolis melakukan penyerahan dana untuk Kecamatan Gedung Surian dan penyerahan Dana Desa (DD) untuk lima Pekon yang ada di Kecamatan Gedung Surian, yakni Pekon Tri Mulyo, Pura Mekar, Meker Jaya, Cipta Waras dan Pekon Gedung Surian

 

Selanjutnya dilakukan pula penyerahan biaya penyelenggaraan Pendidikan Merata (PM) dan sarana prasarana pendidikan anggaran tahun anggaran 2022, penyerahan bantuan alat perkebunan dan bantuan bibit tanaman buah serta penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk masyarakat di Kecamatan Gedung Surian.