Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus menggelar kegiatan Car Free Day (CFD) 2 Kabupaten Lampung Barat yang berlangsung di Taman Kota Liwa Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Minggu (14/08/2022).

Kegiatan CFD 2 tersebut dihadiri langsung oleh Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Drs. Mukhlis Basri, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Lampung, Muhammad Zimmi Skil, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Ketua Tim Penggerak- Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Anggota DPRD Lampung Barat, Kapolres Lampung Barat, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Peratin setempat, Tokoh agama, Tokoh adat, Tokoh Pemuda, dan Masyarakat.

CDF 2 Kabupaten Lampung Barat tersebut diawali dengan Senam Bersama yang dilakukan oleh Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin dan di ikuti oleh Seluruh Peserta Car Free Day 2 Masyarakat se-Kabupaten Lampung Barat.

Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan Balon Udara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Limau Kunci ke-27.

1. Penyerahan kartu PBI-JKN (BPJS Gratis) secara simbolis oleh Bupati Lampung Barat

A. Pekon sebarus, sebanyak 96 orang penerima manfaat

B. Kelurahan pasar liwa, sebanyak 186 orang penerima manfaat.

C. Kelurahan way mengaku, sebanyak 134 orang penerima manfaat.

2. Penyerahan paket alat prasmanan, paket yang diserahkan secara simbolis kepada kelompok usaha bersama (kube) sebanyak 5 kube way mengaku, lingkungan pring tebak I berupa paket alat-alat prasmanan terdiri dari :

1. Kursi plastik 1 (satu) paket.

2. Alat prasmanan/panstove 1 (satu) paket.

3. Piring keramik 1 ( satu) paket.

4. Rempel meja 1 set

3. Kemudian bantuan simbolis berupa 6 unit kendaraan dinas roda dua kepada 6 orang pendamping sembako/tksk yang diserahkan secara simbolis kepada tksk kecamatan sekincau kepada Susanti.

Pada kesempatan itu dilakukan juga penyergapan Doorprize kepada seluruh peserta Car Free Day 2 yang dilakukan oleh Anggota Komisi I DPR RI Drs. Mukhlis Basri, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin Dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Barat.

Doorprize tersebut berupa 1 Unit Sepeda Listrik, 1 Unit Sepeda Gunung, 1 Unit Mesin Cuci, 2 Vocer Belanja dan hadiah Doorprize lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Parosil yang dikenal sebagai Bupati Kopi Lampung Barat itu menyampaikan bahwa kegiatan Car Free Day 2 ini merupakan yang ke 2 kalinya dilakukan Kabupaten Lampung Barat.

Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 dan HUT PDAM Limau Kunci ke-27 dan memperingati Hari Gajah Sedunia 2022 atau World Elephant Day.

“Peringatan Hari gajah sedunia ini penting untuk menyebarkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keberlangsungan hidup hewan mamalia tersebut,” ucapnya.

Menurut Parosil, Paringatan Hari Gajah Sedunia ini bertujuan untuk memberi tahu dunia bahwa kelangsungan hidup gajah, terutama di daerah Asia dan Afrika sudah terancam punah.

“Dengan adanya Hari Gajah Sedunia, diharapkan kepedulian masyarakat terhadap hidup gajah semakin meningkat,” katanya.

Selain itu, Dalam pelaksanaan Car Free Day 2 ini didukung dengan berbagai macam pelayanan, diantaranya Pelayanan Vaksinasi Covid-19, Pelayanan Kesehatan Hewan, Bazar UMKM Pasar Budaya dan Lain-lain.

Dari sekian banyak pelayanan yang mendukung berjalannya proses pelantikan Peratin itu, ditujukan untuk mempermudah dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan itu juga merupakan salah satu implementasi dari Pitu program poin keenam yang dicanangkan Pemkab Lampung Barat di bawah kepemimpinan Bupati Parosil dan Wakil Bupati Mad Hasnurin (PM), yaitu Masyarakat Berdaya Saing dan Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik,” ungkapnya.

“Sebetulnya Banyak dampak positif yang kita rasakan dengan di adakan CFD ini, Kita ingin membangkitkan kembali daya saing produk UMKM karena kegiatan ini tentu sangat bermanfaat untuk menumbuhkan kembali perekonomian masyrakat khususnya para pelaku UMKM setelah terpuruk akibat pandemi beberapa tahun terakhir,” tambahnya.

Kemudian Parosil berharap, kegiatan seperti CDF  ini akan terus bisa dilaksanakan pada bulan-bulan mendatang, untuk memberikan wadah kepada pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk olahan lokal namun memiliki kualitas terbaik ke mata nasional ataupun internasional.

Namun Parosil juga menekankan beberapa hal kepada seluruh pelaku UMKM yang ada di acara tersebut terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sebagai bentuk dukungan membantu pemerintah mengurangi emisi gas karbon yang menjadi komitmen Pemkab sebagai Kabupaten Konservasi.

“Kepada pedagang jika ada plastik ataupun sampah lainnya yang ada di sekitar tempat berjualan tolong di bersihkan untuk mendukung program Pemkab Lambar sebagai Kabupaten Konservasi,” ujarnya

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mencintai ramah lingkungan, mari kita tunjukkan Kabupaten Konservasi itu ada di Kabupaten Lampung Barat,” pungkasnya.