Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus menghadiri pelantikan Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Lampung Barat masa khidmat 2022-2023 dengan mengusung tema “mewujudkan sumber daya manusia yang berkarakter dalam pembangunan daerah” yang dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Aji Saka, Kawasan Sekuting Terpadu Pekon Watas, Kecamatan Balikbukit, Minggu (27/3/2022).

 

Dengan dilantiknya Asep Irawan sebagai Ketua PC PMII Lampung Barat secara definitif periode 2022-2023 yang dilantik langsung oleh Wakil Sekretaris Jendral PB PMII Aris Tama, Parosil berharap PC PMII Lampung Barat dapat memberi manfaat dan kontribusi untuk kemajuan Kabupaten Lampung Barat.

 

“Hadirnya PMII diharapkan memberi manfaat dan kontribusi untuk kemajuan Kabupaten Lampung Barat,” ucapnya.

 

Prosesi pelantikan PC PMII itu disaksikan oleh Kepala Kementerian Agama Lampung Barat Maryan Hasan, Wakil Sekretaris Jendral Pengurus Besar (PB) PMII Aris Tama, Ketua pengurus Kordinator Cabang Provinsi Lampung Ahmad Hadi Baladi Ummah, Perwakilan Polres Lampung Barat, Ketua Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Lampung Barat Danang Harisuseno, Majelis Pembina Cabang PMII Lampung Barat Heri Gunawan, Ketua Ikatan Alumni (IKA) PMII Lampung Barat Junaidi Jamsari, PC Muslimat NU Lampung Barat, PC GP Ansor Lampung Barat, Satuan Koordinasi Cabang Banser Lampung Barat, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lampung Barat, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) serta Keluarga Alumni HMI Lampung Barat, MPC Pemuda Pancasila Lampung Barat dan Ketua Laskar Merah Putih Lampung Barat

 

Sebelumnya, Kehadiran Bupati Parosil di tempat acara tepatnya di depan pintu masuk GOR Aji Saka disambut dengan pemakaian selendang bermotif celugam dan peci bermotif logo PMII oleh Ketua IKA PMII Lampung Barat Junaidi Jamsari.

 

Kemudian, acara tersebut dimulai dengan persembahan tari sembah batin dari sanggar seni setiwang dan diakhiri tarian nyambai.

 

Selanjutnya, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah (Pemda), Parosil mengucapkan selamat kepada seluruh Pengurus Cabang PMII Kabupaten Lampung Barat yang baru saja dilantik.

 

“Mudah-mudahan dapat menjadi panutan bagi pemuda-pemuda, khususnya pemuda yang ada di Kabupaten Lampung Barat dan semoga pengurus yang baru dilantik semakin sukses dalam mengemban amanah organisasi untuk mendukung kemajuan di Kabupaten Lampung Barat,” ungkap Parosil.

 

Parosil yakin dan percaya, bahwa para PC PMII yang baru dilantik merupakan figur-figur yang tepat, serta mempunyai kapabilitas dan akseptabel sehingga diberi kepercayaan dari segenap anggota untuk membawa PMII ke arah lebih baik.

 

“Dalam sebuah momentum pelantikan ini, PMII sudah menentukan arah kemajuan Indonesia,” jelasnya.

 

“PMII sudah ikut andil reformasi tahun 1998, termasuk hari ini begitu banyak kader PMII sudah menunjukkan loyalitas kecintaan terhadap bangsa indonesia, baik itu melalui eksekutif maupun legislatif,” sambungnya.

 

Selaku kepala daerah, Parosil menyatakan, jika dirinya tidak anti kritik terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Lampung Barat.

 

“Pak Bupati tidak anti kritik, yang penting kritikannya terarah,” cetusnya.

 

Parosil pun menaruh harapan, khususnya kepada Asep Irawan selaku Ketua PC PMII terpilih beserta jajarannya untuk dapat menciptakan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera dengan potensi yang dimiliki.

 

“Sekali lagi selamat kepada sahabat-sahabat yang baru saja dilantik, semoga dapat mengemban amanah dengan baik dan dapat mengibarkan panji-panji PMII semakin besar lagi sehingga berkontribusi terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Lampung Barat,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jendral (PB) PMII Aris Tama, ia menyatakan tujuan setelah dilantiknya Pengurus Cabang PMII secara definitif ini adalah untuk mencetak kader-kader yang militan, peka terhadap lingkungan sosial untuk membawa PMII ke arah lebih baik.

 

“Sehingga Harapannya, PMII Kedepan semakin terus berkembang,” ucapnya.

 

“Kemudian mampu bersinergi dengan seluruh Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) dan Pemerintah Daerah, serta dapat memberikan kritik, saran dan masukan kepada pemerintah, dalam rangka ikut berpartisipasi pembangunan daerah,” pungkasnya.