Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M memimpin kegiatan rutin mingguan Pemerintah Derah Kabupaten Lampung Barat, ngupi bebakhong atau yang lebih dikenal dengan coffe morning, bertempat di Aula Kagungan Setdakab, Senin (19/02/2024).

Kegiatan yang biasa wadah bagi Pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat untuk melakukan evaluasi dan rencana kerja kedepannya itu, diikuti langsung oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Ismet Inoni M.M, Kepala Perangkat Daerah, Staf Ahli Bupati dan jajaran staf Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Nukman menuturkan berdasarkan hasil Inspeksi Mendadak (Sidak) pasar pada hari Jum’at 16 Februari 2024 lalu yang berlangsung di Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit beberapa jenis Sembilan Bahan Pokok (Sembako) mengalami lonjakan harga.

Menurutnya, lonjakan harga yang tinggi tentu akan membebani dan mengurangi daya beli masyarakat, terutama dari kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) akan menggelar oprasi pasar murah.

“Berdasarkan hasil pantauan kita bersama Pak Kapolres AKBP Ryky W. Muharam, S.H.,S.IK kemarin terdapat beberapa jenis Sembako mengalami lonjakan harganya, maka kita berencana akan melakukan operasi pasar murah untuk membantu beban masyarakat,” tuturnya.

Dirinya menjelaskan, oprasi Pasar akan digelar di lima titik mulai pada hari selasa 20 Februari hingga 05 Maret 2024 mendatang. Dengan jenis komoditas beras, gula, minyak goreng dan terigu.

“Kegiatan pengobrasian rencananya akan kita mulai dari Pasar Giham Suka Maju Kecamatan Sekincau pada hari Selasa 20 Februari 2024, dilanjutkan di Pasar Seblat Kecamatan Sukau 22 Februari 2024 dan Pasar Senin Pajar Bulan Kecamatan Way Tenong 26 Februari 2024,” jelasnya.

“Kemudian Pasar Simpang Luas Kecamatan Batu Ketulis 29 Februari 2024 lalu Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit 05 Maret 2024,” Lanjutnya.

Pj Bupati Lampung Barat berharap, dengan adanya pasar murah tersebut nantinya masyarakat bisa terbantu dengan mendapatkan kebutuhan pokok yang terjangkau.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Lampung Barat Maidar SH, M.Si menuturkan terkait jumlah logistik yang akan didistribusikan dalam operasi pasar tersebut belum dapat dipastikan.

“Hari ini kita akan melakukan rapat terlebih dahulu kepada pihak Bulog terkait jumlah yang akan kita distribusikan dalam operasi pasar nanti,” pungkasnya.