Puluhan grup nyambai yang terdapat di Kabupaten Lampung Barat bertarung pada perhelatan Pesagi Cultur Festival tahun 2023 bertajuk The Spirit Of Nyambai yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Barat bekerjasama dengan Dewan Pengawas Kesenian setempat, Minggu (05/11).

Kegiatan berlangsung di gedung Pancasila Kecamatan Balik Bukit, di buka langsung oleh kepala Disdikbud Bulki S. Pd,. M.M melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Riadi Ardianto dan menghadirkan lima juri yang merupakan tokoh budaya di Lampung Barat.

Dalam sambutannya, Riadi Ardianto mengatakan kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari seluruh komunitas dan pelaku senibudaya yang berada di Lampung Barat.

“Kemudian bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat kemudian didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Risert Teknologi Republik Indonesia (RI),” jelasnya.

Riadi mengatakan, sebelumnya telah didahului dengan kegiatan lokakarya berupa pembekalan kepada pelaku seni agar dapat membuat festival yang memenuhi kriteria.

Lalu dirinya menjelaskan alasan kegiatan tersebut bertajuk “the spirit of nyambai” ialah mengingat nyambai merupakan budaya yang sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat Kabupaten Lampung Barat baik sastra lisan maupun gerak dan musiknya sudah menjadi satu kesatuan identitas bagi masyarakat.

“Selain itu nyambai saat ini sudah menajdi salah satu warisan budaya di Indonesia,” kata dia.

Dengan digelarnya kegiatan tersebut ia berharap ke depannya dapat menggali kembali tradisi tradisi dan budaya lainnya di Lampung Barat.

Kemudian ia membeberkan lomba nyambai yang diikuti oleh kategori umu, pelajar dan segata pantun bersaut tersebut akan berlangsung dari tanggal 05 hingga 06 November.

“Selain digelar lomba nyambai pada pada siang hari, pada malam harinya (malam senin) akan di gelar juga pegelaran Kelasa Muloh yang akan menampilkan budaya tradisional khas Lampung Barat mulai dari musik tradisional gambus, tari-tarian hingga pelantikan Dewan Pengawas Budaya Lampung Barat,” ujarnya.

“Malam puncak akan berlangsung pada malam selasa, sekaligus dilakukan pembagian hadiah pemenang lomba,” pungkasnya.