Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat melaksanakan sholat idul adha 1444 Hijriyah / tahun 2023 masehi di tiga tempat.

Tempat pertama di Kecamatan Kebun Tebu yang dihadiri langsung Pj. Bupati Lampung Barat, Drs. Nukman.

Tempat kedua di Masjid Bintang Mas, Kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas, Kecamatan Balik Bukit yang dihadiri Plh. Sekda Lampung Barat Drs. Ismet Inoni.

Sementara tempat ketiga dilaksanakan di Masjid Baiturrahim komplek perkantoran Pemda Lampung Barat, Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit yang dihadiri oleh Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Wasisno Sembaring, SE., MP.

Perlu diketahui, para camat dan seluruh lurah/peratin yang ada di Kabupaten Lampung Barat melaksanakan sholat idul adha di kecamatan dan pekon masing-masing.

Hal itu berdasarkan instruksi dari Pj. Bupati Lampung Barat agar para camat dan lurah/peratin tidak meninggalkan tempat tugasnya masing-masing serta diminta untuk membacakan sambutan Pj. Bupati Lampung Barat pada pelaksanaan sholat idul adha secara serentak.

Secara garis besar dalam sambutan Pj. Bupati yang dibacakan tersebut yakni mengingatkan pada hakikat qurban itu sendiri, yaitu sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang telah diberikan dan mengulas sejarah singkat dari qurban yang tidak lepas dari peristiwa pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS.

Selain menghadiri sholat idul adha di Masjid Baiturrahim komplek perkantoran Pemda Lampung Barat, Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit, Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Wasisno Sembiring berkesempatan menyerahkan hewan qurban berupa satu ekor sapi dari Pemkab Lampung Barat yang diperuntukkan terhadap masyarakat setempat usai melaksanakan sholat idul adha.

Penyerahan satu ekor sapi itu dilakukan Wasisno di halaman Masjid Baiturrahim kepada Musanip selaku panitia qurban.

Wasisno berharap, hewan qurban yang diserahkan itu bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga hewan qurban ini bermanfaat,” ucap Wasisno sembari menyerahkan hewan qurban sapi melalui seutas tali tambang yang diterima Musanip.

Sementara itu, Musanip, selaku panitia Qurban di Masjid setempat mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Lampung Barat atas bantuan hewan qurban yang diserahkan itu.

“Kami panitia qurban mengucapkan terima kasih atas bantuan hewan qurban ini,” ucapnya.

Dirinya pun berharap, ke depan akan adanya penambahan jumlah hewan qurban yang diserahkan dari pihak Pemkab kepada masyarakat.

“Harapnya ke depan ada tambahan hewan qurban untuk masyarakat,” pungkasnya.