Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Barat menggelar Apel Siaga Sensus Pertanian (ST2023) di Halaman Kantor BPS setempat, Rabu (31/5).

Bertindak selaku inspektur upacara Asisten II Bidang Prekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Waka Polres Kabupaten Lampung Barat Kompol Robi B Wicaksono, SH., dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah.

Dalam amanatnya, Wasisno Sembiring mengatakan, apel siaga tersebut merupakan gerakan moral untuk memotivasi semangat seluruh jajaran BPS dan seluruh petugas ST2023 agar dapat melaksanakan sensus dengan penuh rasa tanggungjawab serta amanah, sehingga menghasilkan data pertanian yang berkualitas.

Oleh karena itu, dirinya berharap, petugas ST2023 dapat mengumpulkan data pertanian yang akurat, sebab dikatakannya, salah satu tujuan ST2023 adalah untuk menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian saat ini.

Wasisno Sembiring berpesan kepada petugas ST2023 agar berhati-hati dalam melakukan pencacahan data sensus pertanian.

“Data hasil sensus pertanian ini sangat penting dalam pengambilan kebijakan terkait dengan kondisi pertanian saat ini di Kabupaten Lampung Barat,” Pesannya.

Ditempat yang sama, Kepala BPS Kabupaten Lampung Barat, Nasrullah Arsyad menjelaskan bahwa kegiatan apel siaga tersebut guna memastikan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas penting dengan penuh tanggungjawab.

Dirinya menjelaskan ST2023 mencakup tujuh subsektor, yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perikanan, peternakan, kehutanan, dan jasa pertanian.

“Adapun cakupan unit usahanya meliputi Usaha Pertanian Perorangan (UTP), Usaha Perusahaan Pertanian Berbadan Hukum (UPB), dan Usaha Pertanian Lainnya (UTL),” Jelasnya.

“Para petugas ST2023 dari Kabupaten Pesisisir Barat dan Lampung Barat sejumlah 502 peserta dan akan bekerja dari 1 Juni hingga 31 Juli 2023,” Jelasnya.

Diakhir kegiatan dilakukan, penyerahan surat tugas pencacahan lapangan, petugas pemeriksaan lapangan dan koordinator sensus ST2023 oleh Wasisno Sembiring didampingi kepala BPS Lampung Barat.