Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Lampung Barat, dua unit Bus Damri trayek Liwa – Kecamatan Kebun tebu resmi beropasi pada 1 Januari 2022 ini yang ditujukan untuk memudahkan akses perjalanan masyarakat antar kecamatan.

Beroperasinya dua unit Bus Damri itu ditandai pelepasan oleh Plh. Kadis Perhubungan Ir. Sugeng Raharjo di terminal Kelurahan Pasar Liwa dan di terminal pasar Pura Jaya Kecamatan Kebuntebu oleh Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, S.Kom., pada Minggu (1/1/2023) pagi.

Tentunya, dengan beroperasinya Bus Damri ini akan sangat mendukung perekonomian masyarakat. Satu di antaranya ialah sebagai wadah untuk mendongkrak wisata-wisata yang ada di Kabupaten Lampung Barat, sebab wisata-wisata yang ada di Lampung Barat berada tepat di jalur lintasan Bus Damri tersebut.

Beroperasinya Bus Damri tersebut berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor. KP-DRJD 8613 Tahun 2022 tentang Jaringan Trayek Angkutan Jalan Perintis Tahun 2023.

Diketahui, jarak tempuh Bus Damri trayek Liwa – Kecamatan Kebuntebu itu sejauh 91 KM yang menyisir melintasi beberapa jalur Kecamatan, yakni Kecamatan Gedung Surian, Air Hitam, Way Tenong, Sekincau, Batu Ketulis, Belalau, Batu Brak hingga Kecamatan Balik Bukit (Liwa).

Dalam perjalanannya sendiri, kedua Bus Damri tersebut melakukan pemberangkatan mulai pukul 06.30 dan 13.00 WIB dari masing-terminal, sementara untuk tarifnya hanya sebesar Rp25 ribu rupiah.

Plh. Kadis Perhubungan Ir. Sugeng Raharjo, dia mengatakan dengan adanya trayek Bus Damri tersebut tentunya dampaknya akan sangat baik untuk perekonomian masyarakat.

Dari hal itu, dirinya berharap ke depan akan ada tambahan armada Bus Damri yang dapat menyisir di kecamatan-kecamatan lain yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

“Ke depan, Dinas perhubungan akan mengakaji untuk mengajukan trayek baru terhadap Damri. karena dampaknya cukup baik bagi Lampung barat. contoh Liwa-Lumbok Seminung, bahkankan bisa jadi Liwa-Bandarlampung,” ujarnya.

Sugeng juga mengajak masyrakat untuk berpartisipasi untuk ikut andil dalam menyebarkan informasi pembukaan angkutan Damri printis dengan menyampaikan melalui media sosial

“kita bisa berpartisipasi dengan menyerbarkan, baik melalui WA, FB, IG atau menyampaikan secara langsung terhadap teman, kerabat dan keluarga kita,” ajaknya.

Sementara itu, perwakilan menagemen Damri, Eri. S. dirinya berharap angkutan perintis Damri Liwa – Kebuntebu berjalan baik.

“Semoga Ke depannya angkutan perintis Damri Liwa-Kebuntebu berjalan dengan baik dan membawa manfaat bagi masyarakat,” harapnya.