Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Lampung Barat mengadakan pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Yang Responsif Gender, Kamis (4/8/2022).

Acara yang berlangsung di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) tersebut dihadiri oleh Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus yang diwakili Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs.Adi Utama, Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga (KJP &KK) dinas P3A Provinsi Lampung Reni Maysari, SE,.MM, Kepala Dinas P2KBP3A Lampung Barat M. Danang Harisuseno,S.Ag,.MH, para kasubag perencanaan  dan Pejabat Fungsional Perencanaan OPD se-Kabupaten Lampung Barat.

Kadis P2KBP3A Danang Harisuseno dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan pejabat fungsional perencanaan dan kasubag perencanaan tentang gender serta Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG).

Dengan adanya kegiatan tersebut, Danang berharap dapat meningkatkan pengetahuan para pejabat fungsional perencanaan dan Kasubbag perencanaan tentang pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) dan penyusunan Gender Analisis  Pathway (GAP) dan Gender Budget Statemen (GBS).

“Gender adalah perbedaan perbedaan perilaku, status,tanggung jawab,fungsi perilaku laki laki dan perempuan yang merupakan konstruksi (rekayasa),” ujar Danang.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Dra. Adi Utama mewakili Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus dalam sambutannya mengatakan, bahwa strategi pengarusutamaan gender diperlukan untuk memastikan semua lapisan masyarakat.Bbaik laki-laki maupun perempuan bisa terlihat dalam proses pembangunan.

“Sehingga diharapkan pembangunan yang dilaksanakan bisa bermanfaat  untuk semua,” ucapnya.

“Saudara saudara akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat pada acara ini, karena saudara akan menerima materi terkait bagaimana perencanaan dan penganggaran yang responsif Gender,” tambahnya.

Sementara, Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga (KJP &KK) dinas P3A Provinsi Lampung Reni Maysari, SE,.MM, dalam kegiatan itu memberikan materi terkait perencanaan penganggaran yang responsif gender dan analisis gender.