Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus melantik 177 Anggota Lembaga Himpun Pemekonan (LHP) masa bhakti 2022-2027 dari sembilan (9) Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat

Acara yang mengangkat tema “Peningkatan Kapasitas Lembaga Himpun Pemekonan Dalam Tata Kelola Pemerintah Pekon Untuk Terciptanya Pekon Hebat” itu berlangsung di Aula Kagungan Setdakab, Rabu 30/11/2022.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lampung Barat mengungkapkan rasa bangganya, sebab dalam pelantikan anggota LHP tersebut terdapat sekitar 10 persen yang merupakan wanita.

“Hari ini saya apresiasi setinggi-tingginya khusus kepada ibu-ibu yang sudah berkenan untuk menjadi tonggak dari sebuah Pekon,” Sebutnya.

Karena, dikatakan Pria yang akrab di sapa Pakcik itu, lembaga himpun pemekonan merupakan mitra dari Pemerintah Pekon sekaligus salah satu unsur penyelenggara.

Kemudian, ia menekankan kepada anggota LHP yang baru saja di lantik harus memahami tupoksi dan kewenangan agar penyelenggaran di pekon berjalan dengan baik.

Pakcik berharap anggota LHP yang baru saja di lantik harus mampu memberikan masukan, saran kepada peratin agar kegiatan yang berlangsung di Pekon dapat terselenggara dengan sesuai aturan yang berlaku.

“Jika Peratin disebuah Pekon mempunyai kinerja yang baik, itu artinya ketua LHP nya berhasil dalam membimbing dan mendidiknya,” Terang Pakcik.

Sebab, dikatakan pakcik ketua LHP mampu dalam mengayomi bawahan dan masyarakatnya agar tercipta kedamaian dan kerukunan di Pekonnya.

Ia berharap kedepannya para anggota LHP yang baru saja di lantik agar segera belajar terkait Undang-undang desa termasuk Peraturan Daerah (Perda) yang terkait dengan Pekon agar paham terhadap tugas dan fungsi.

Pada pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Lampung Barat Nomor : B/407/ KPTS/III.13/2022 tanggal 14 November tahun 2022. Terdapat 177 Anggota LHP dari sembilan (9) wilayah Kecamatan yaitu Sukau, Belalau, Batu ketulis, Air Hitam, Suoh, Lumbok Seminung, Pagar Dewa, Kebun Tebu dan Bandar Negeri Suoh.

Pelantikan disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Barat Edi Novial S.Kom, Perwakilan Kodim 0422 LB, Perwakilan Polres Lambar, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring, Kepala Perangkat Daerah.