Rapat paripurna dengan acara mendengarkan pidato Bupati Lampung Barat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kabupaten Lampung Barat, Jumat (23/9/22).

Rapat paripurna tersebut berlangsung di ruang sidang Maghgasana DPRD Lampung Barat yang dihadiri langsung oleh Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial dan para anggota, Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyanto, Dandim 0422/LB Letkol Czi. Anthon Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Barat Deddy Sutendy, SH., MH., Ketua Pengadilan Negeri Liwa, Sekda Lampung Barat Drs. Nukman, seluruh Assisten Bupati, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Organisasi Wanita, Camat, Instansi vertikal, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat.

Rapat paripurna menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kabupaten Lampung Barat ini memiliki suasana berbeda sebab seluruh para peserta rapat mengenakan pakaian adat sebagai simbol kekayaan dan kekentalan adat budaya yang dimiliki Kabupaten Lampung Barat.

Sebelum memasuki ruang rapat, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, unsur Forkopimda dan seluruh perangkat daerah diarak dari Kantor Bupati menuju ruang rapat DPRD Lampung Barat.

Melalui pidato pembuka yang disampaikan Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, dirinya memaparkan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Lampung Barat yang dalam kurun waktu 31 Tahun ini sudah mengalami 6 (enam) kali pergantian Kepemimpinan.
1. Hakim Saleh Umpu Singa (Periode 1992 s/d 1997).
2. I Wayan Dirpha (Periode 1997 s/d 2002)
3. Ir. Erwin Nizar T. dan wkilnya Drs. Hi. Mukhlis Basri (Periode 2002 s/d 2007)
4. Drs. Hi Mukhlis Basri dengan wakilnya Drs. Hi. Dimyati Amin, (Periode 2007 a/d 2012).
5. Drs. Hi. Mukhlis Basri dan wakilnya Drs. Hi. Makmur Azhari (Periode 2012 s/d 2017)
6. Hi. Parosil Mabsus dan wakilnya Drs. Mad Hasnurin (Periode 2017 s/d 2022).

Di usia yang ke-31 Tahun ini, dibawah Kepemimpinan Hi. Parosil Mabsus, S. Pd dan wakil Bupati Drs. Hi. Mad Hasnurin, Edi Novial menyatakan telah banyak prestasi dan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai, baik tingkat Provinsi sampai Tingkat Nasional.

Penghargaan yang telah diraih oleh Pemerintah Daerah Lampung Barat baik di tingkat Provinsi Lampung maupun di tingkat Nasional itu di antaranya yaitu:
1. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) telah diraih 12 Tahun berturut-turut dari Tahun 2010 hingga tahun 2021
2. Penghargaan Adipura (Penghargaan Lingkungan Hidup dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup) sebanyak 5 kali.
3. Peraih Penghargaan Manggala Karya Kencana atas nama Bupati Lampung Barat H.Parosil Mabsus
4. Penghargaan Sebagai Kabupaten Tangguh Bencana diri Badan Penanggulangan Bencana Nasional.
5. Piagam Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 diberikan Kepada Kabupaten Lampung Barat sebagai Kabupaten Sangat Inovatif.
6. Penghargaan Satyalancana Wira Karya (SWK) atas nama Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus tahun 2022 dari Presiden Republik Indonesia.
7. Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Pembangkit Komoditi Pertanian.
8. Piagam penghargaan Kepatutan Tinggi standar pelayanan Publik dari Ketua Ombudsman Republik Indonesia.
9. Penghargaan Kabupaten Terbaik II dalam Perencanaan dan Pembangunan Daerah Tahun 2022.
10. Penganugrahan Penghargaan Tingkat Nasional Sebagai Kabupaten Peduli HAM Melalui Bagian Hukum Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Barat.
11. Terentaskanya Status Lampung Barat dari Status Kabupaten Tertinggal.
12. Dan prestasi-prestasi lain yang mengharumkan nama Kabupaten Lampung Barat.

Dengan keberhasilan yang telah diraih tersebut, Edi Novial berharap dapat dipertahankan dan ditingkatkan untuk menuju Lampung Barat Hebat dan Sejahtera.

“Atas pencapain ini jangan sampai membuat kita terlena, kita harus bekerja keras untuk mempertahankan apa yang telah kita capai dan meningkatkan kinerja kita agar yang belum kita raih dapat berhasil diraih dengan sukses menuju Lampung Barat Hebat dan Sejahtera,” tuturnya.

Edi Novial pun berharap, di usia Kabupaten Lampung Barat yang saat ini telah menginjak usia ke-31 tahun, agar dapat menjadi Kabupaten yang lebih maju dan lebih baik lagi.

“Oleh karena itu marilah kita semua tetap bersatu dan bekerja saling bahu membahu sehingga apa yang kita cita-citakan dapat tercapai,” ucapnya.

“Atas Nama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lampung Barat mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Lampung Barat ke-31, pembangunan tepat, pulih lebih cepat,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam pidato Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus menyampaikan, terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak baik Pimpinan Maupun Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Aparatur Pemerintah, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama Dan seluruh Cendekiawan Serta segenap Elemen Masyarakat Kabupaten Lampung Barat. yang bersama-sama ikut serta dalam membangun kemajuan Daerah Kabupaten Lampung Barat hingga menginjak usia ke-31 Tahun.

Parosil mengatakan peringatan HUT Lampung Barat ke-31 itu mengangkat tema yakni “Pembangunan Tepat, Pulih Lebih Cepat”.

“Tema tersebut tentunya memiliki makna tersendiri dalam menghadapi perubahan kondisi akibat dampak dari pandemi Covid-19. Sebagai semangat bersama menuju Kabupaten Lampung Barat yang lebih baik, sehingga harapan terhadap pembangunan yang tepat dan merata,” ucapnya.

“Maka dari itu, mari kita maknai hari lahir ini untuk berbuat, berkarya, berinovasi dan bekerja keras meningkatkan kualitas dan kemampuan diri mengisi kemerdekaan dengan diiringi semangat juang yang tinggi demi kebangkitan bersama,” tambahnya.

Parosil mengatakan, Selama sejarah 31 Tahun Kabupaten Lampung Barat ini terdapat beragam keberhasilan dan persoalan yang menjadi catatan dan perhatian seluruh komponen pembangunan di daerah ini.

Menurutnya, Pembangunan tersebut tidak pernah bisa dilaksanakan tanpa adanya sebuah pemerintahan yang kuat serta memiliki konsep pembangunan yang jelas.

“Karena itu lewat pidato ini, saya ingin menegaskan bahwa hanya waktu dan keadaan yang berubah, tetapi semangat dan komitmen Pemerintah Kabupaten Lampung Barat tidak akan pernah surut dalam mewujudkan visi pembangunan dan pemerintahan yaitu “ Terwujudnya Lampung Barat yang Hebat dan Sejahtera””, tegasnya.

Kemudian Parosil menyampaikan, bahwa dalam lima tahun perjalanan pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Lampung Barat telah banyak mengalami kemajuan. Sampai dengan menjelang berakhirnya jabatannya.

Menurutnya, apa yang telah kami tetapkan dalam visi misi pemerintahan dan pembangunan dan selanjutnya dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah telah berjalan pada arah yang benar.

“Secara konsisten Pembangunan Daerah selalu mengacu pada prinsip-prinsip yang menekankan keseimbangan antara pertumbuhan, pemerataan dan keberlanjutan dengan tetap berpijak pada Visi dan Misi yang dijalankan,” Pungkasnya.

Rapat Paripurna tersebut diakhiri dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Ketua DPRD Kabupaten Lampung Barat Edi Novial, S.Kom, Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyanto, Dandim 0422/LB Letkol Czi. Anthon Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Barat Deddy Sutendy, SH., MH.