Di hari yang sama, Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman dan Pj. Sekda Lampung Barat Drs. Adi Utama menyerap aspirasi masyarakat di dua kecamatan berbeda, yakni di Kecamatan Batu Brak dan Kecamatan Balik Bukit, Senin (5/2/2024).

Penyerapan aspirasi pembangunan yang dilakukan dua orang Pejabat Lampung Barat itu, melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 yang memang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Perlu diketahui, Musrenbang Kecamatan Balik Bukit dipusatkan di lapangan Pekon Sedampah Indah yang dipimpin langsung Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman.

Di Musrenbang Kecamatan Balik Bukit, Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman mengatakan jika akses jalan lintas penghubung Pekon Padang Cahya – Pekon Sedampah Indah menjadi skala prioritas pembangunan di tahun ini.

Sebab, jalan lintas tersebut merupakan  akses jalan satu-satunya bagi masyarakat setempat untuk mengeluarkan hasil bumi.

“Jalan lintas Padang Cahya – Sedampah Indah menjadi skala prioritas pembangunan di tahun ini,” ungkap Nukman.

Kemudian selaku tokoh masyarakat Pekon Sedampah Indah, Sutarman, dia mengucapkan terima kasih atas pembangunan yang sudah dilakukan Pemkab Lampung Barat untuk pekon setempat. Mulai dari pembangunan infrastruktur jalan hingga adanya jaringan listrik PLN.

Dia menceritakan, sulitnya jalan lintas utama di Pekon Sedampah Indah saat belum tersentuh pembangunan.

“Dulu, kalau kita lewat sini, bisa dibayangkan kalau musim kemarau debunya naik, banyak. Kalau musim hujan becek,” katanya.

“Tapi sekarang, Alhamdulillah jalaannya sudah dirabat beton, sudah bagus,” tambahnya.

Jika malam, lanjut Sutarman, dulu Pekon Sedampah Indah masih keadaan gelap lantaran belum adanya jaringan listrik yang mengaliri pekon setempat.

“Kalau malam dulu gelap pak, karena belum ada listrik, tapi sekaranag Ahamdulillah terang,” ujarnya.

Di Musrenbang Kecamatan Balik Bukit, dilakukan pula penyerahan dana pekon, dana kelurahan dan dana kecamatan oleh Pj. Bupati Nukman.

Sementara Musrenbang Kecamatan Batu Brak dilaksanakan di halaman kantor Kecamatan Batu Brak, Pekon (Desa) Pekon Balak dan dipimpin oleh Pj. Sekda Lampung Barat Drs. Adi Utama.

Bersamaan Musrenbang Kecamatan Batu Barak, dilakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) antara Plt. Camat Batu Brak yang sebeblumnya dijabat Sri Wiyatmi, ST., MP kepada Ruspel Gultom , SH., MM., sebagai Camat Batu Brak.

Sertijab tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Lampung Barat Nomor: B/91/KPTS/IV/.05/3024 Tanggal 29 Januari 2024 Tentang Pengangkatan dan Pengukuhan Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Administrator dan Pengawas Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat.

Usai pelaksanaan Sertijab, Pj. Sekda Lampung Barat Drs. Adi Utama melalaui sambutannya menyampaikan sebentuk ungkapaan apresiasi terhadap Sri Wiyatami yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai Plt. di Kecamatan Batu Brak.

“Kami atas nama Pemkab Lampung Barat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginyaa kepada Ibu Sri Wiyatmi yang telah mengabdikan diri di Kecamatan Batu Brak, semoga jerih dan upayanya dibalas Allah SWT,” ungkap Adi Utama.

Sementara itu, Ruspel Gultom selaku Camat Batu Brak yang baru dilantik perdana sebagi Camat di tahun ini, Pj. Sekda Adi Utama berpesan agar menjadi sosok camat yang teladan dan bisa mengayomi masyarakatnya.

¬†“Pak Ruspel itu pemimpin yang harus bisa mengayomi masyarakat,” kata Adi Utama.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kecamatan Batu Brak, Suryadi, ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemkab Lampung Barat atas pembangunan-pembangunan yang sudah dilakukan di Kecamatan Batu Brak dan telah dirasakan manfaatnya.

“Kami masyarakat Kecamatan Batu Brak mengucapkan terima kasih atas pembangunan yang sudah dilakukan di tahun 2023 kemerin dan tahun-tahun lalu,” ucapnya.

Selain itu, dirinya meminta agar pembangunan di Kecamatan Batu Brak ke depan dapat ditingkatkan.

“Kami berharap kepada bapak-bapak Pemda, tolong ke depan pembangunanya dapat diprioritaskan di Kecamatan Batu Brak ini,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Pj. Sekda Adi Utama menyatakan akan memprioritaskan usulan di 11 pekon yang ada di Kecamatan Batu Brak.

“Segala prioritas 11 Pekon di Kecamatan Batu Brak ini bisa diprioritaskan program pembanguan di tahun 2025 ke depan,” cetusnya.

Tidak ketinggalan, di Musrenbang tersebut  Pj. Sekda Adi Utama berkesempatan melakukan penyerahan dana Kecamatan dan Pekon setempat.