Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus secara simbolis menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada 151 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 502 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021, Kamis (2/6/2022).

 

Acara yang berlangsung di Gedung Olah Raga (GOR) Aji Saka kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat itu berjalan khidmat dan lancar.

 

SK CPNS yang diterima 151 orang itu terdiri dari 134 untuk tenaga tekhnis dan 17 orang untuk tenaga medis.

 

Sementara, SK PPPK yang diterima 502 orang tersebut terdiri dari 453 untuk tenaga pendidik (guru) dan 49 orang untuk tenaga medis.

 

Prosesi penyerahan SK CPNS dan PPPK tersebut diawali pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara oleh para CPNS dan PPPK yang dipimpin langsung oleh Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus.

 

Selaku kepala daerah, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus berharap CPNS dan PPPK yang telah menerima petikan SK tersebut dapat menjalankan tugas dengan baik.

 

“Mudah-mudahan akan menjadi Aparatur Sipil Negara yang amanah,” harap Parosil.

 

“Dan juga seluruh PPPK mudah-mudahan juga akan menjadi pegawai yang amanah,” sambungnya.

 

Parosil menyatakan, penyerahan SK bagi CPNS maupun PPPK itu merupakan kebahagian tersendiri bagi keluarga dan negara.

 

“Sungguh hari ini merupakan hari yang berbahagia khususnya untuk orang tua tercinta dan saudara-saudara tercinta,” terang Parosil.

 

“Kebahagian ini bukan hanya milik bapak/ibu yang menerima keputusan, akan tetapi ini juga merupakan kebahagiaan negara,” imbuhnya.

 

Parosil pun berharap kepada para penerima SK CPNS maupun PPPK untuk dapat menjaga nama baik sebagai pegawai dengan penuh tanggung jawab.

 

“Karena yang pertama, kita harus menjaga nama baik kita, menjaga nama baik orang tua kita dan menjaga nama baik instansi kita,” tutur Parosil.

 

Selain itu Parosil juga mengharapkan seluruh CPNS dan PPPK dapat menjalankan tugas secara totalitas serta loyalitas.

 

“Pada kesempatan ini pak bupati mengharapkan kepada bapak/ibu, kerja dengan ikhlas dan kerja dengan totalitas dan loyalitas, tapi kerja keras loyalitas mesti ada panduannya,” harapnya.

 

“Tugas saudara hari ini tugas abdi negara, mengabdikan dirinya, mendedikasikan dirinya menjadi bagian dari pada orang yang ikut menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesian (NKRI),” tambahnya.

 

Kemudian, Parosil mengungkapkan rasa syukurnya, lantaran CPNS dan PPPK yang diterima tidak ada yang mengundurkan diri.

 

“Saya bersyukur dari sekian banyak yang diterima CPNS termasuk juga yang diterima PPPK tidak satupun yang mengundurkan diri,” ucapnya.

 

Selanjutnya, Parosil berpesan terhadap kepala perangkat daerah, baik yang di bagian instansi pendidikan maupun instansi kesehatan untuk dapat membimbing dan mengarahkan bagi CPNS serta PPPK yang baru bertugas.

 

“Saya titip kepada seluruh kepala perangkat daerah, tolong namanya calon tolong dibimbing, jangan mereka ini diberikan pekerjaan yang mereka belum mampu,” pinta Parosil.

 

“Tolong diajak diskusi, berikanlah kepercayaan itu tahap demi tahap,” jelasnya.

 

Di zaman era digitalisasi saat ini, Parosil menekankan seluruh pegawai baik dari CPNS maupun PPPK untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

 

“Berikan pelayanan yang cepat, berikan pelayanan yang hebat, karena yang diminta masyarakat hari ini pelayanan,” tegas Parosil.

 

“Jangan sampai saudara menjadi bagian yang menghambat proses pelayanan yang baik,” pungkasnya.

 

Sekadar diketahui, acara tersebut turut dihadiri Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lampung Barat Drs. Ahmad Hikami,Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Pj. Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lampung Barat Drs. Ahmad Hikami, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring, SE, MP, Staf Ahli Bupati Ronggur, S.IP, M.Si., Kepala Perangkat Daerah.