Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus didampingi Wakilnya Drs. Mas Hasnurin melakukan pelepasan 138 jamaah umrah di halaman Masjid Bintang Mas, Islamic Center, Kawasan Sekuting Terpadu Pekon (Desa) Watas, Kecamatan Balik Bukit, Minggu malam (1/5/2022) sekira pukul 19:00 WIB.

 

Jamaah umrah yang sudah siap diberangkatkan menggunakan tiga unit mobil bus itu ditandai dengan pengibaran bendera oleh Bupati Parosil, yang sebelumnya dilakukan penyematan kartu tanda peserta kepada jamaah umrah oleh Bupati Parosil.

 

Pelepasan jamaah umrah itu pun, turut dihadiri, Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, Dandim 0422/LB Letkol Czi. Anthon Wibowo, Kepala Kementerian Agama Lampung Barat Maryan Hasan, Perwakilan Polres Lampung Barat, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Barat Drs. Adi Utama, Staf Ahli Bupati, Assisten, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Camat Balik Bukit serta para pendamping/keluarga peserta jamaah umrah.

 

Dari jumlah 138 jamaah umrah tersebut, sebanyak 100 jamaah dari berbagai latar belakang profesi dan lapisan masyarakat dibiayai Pemerintah Daerah (Pemda) Lampung Barat dengan sumber dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022, sedangkan 38 lainnya merupakan peserta mandiri.

 

Wisata rohani atau umrah ke tanah suci merupakan implementasi salah satu dari pitu program poin ketujuh, yaitu ‘peningkatan iman dan taqwa’ yang dicanangkan Parosil bersama wakilnya Mad Hasnurin di masa kepemimpinannya periode 2017-2022.

 

Melalui sambutannya, Bupati Parosil mengatakan jika sebenarnya pemberangkatan umroh ini dilaksanakan tahun 2020 tapatnya di bulan Mei, waktu itu juga para jamaah sudah membuat paspor dan siap berangkat, akan tetapi terhalang wabah pandemi covid-19, sehingga pemberangkatannya pun tertunda.

 

“Kegiatan pemberangkatan umroh ini tertunda selama dua tahun karena dampak wabah pandemi covid-19,” ungkap Parosil.

 

“Rencana pak bupati, bapak/ibu ini semua satu syawal sudah berada di makkah atau madinah, namun karena sesuatu dan lain hal maka baru bisa terlaksana hari ini, namun apapun itu kita patut bersyukur karena sudah bisa berangkat,” sambungnya.

 

Pada kesempatan itu, Parosil berharap dan berpesan kepada para jamaah yang akan diberangkatkan umroh untuk dapat manfaatkan ibadah dengan sebaik-baiknya.

 

“Atas nama pribadi dan Pemkab Lampung Barat, saya berharap dan berpesan karena pemberangkatan begitu banyak tantangan dan ujian, maka tolong manfaatkan sebaik-baiknya,” harapnya.

 

“Pak Bupati hari ini titip, agar didoakan Lampung Barat menjadi Kabupaten yang Baldatun Thoyibatun Warobbun Ghofur, kepada para seluruh jamaah, tolong selalu jaga kekompakan dan kebersamaan,” imbuhnya.

 

Mengingat waktu kepemimpinan Parosil bersama Wakilnya Mad Hasnurin tinggal tujuh bulan lagi, ia meminta agar para jamaah umrah mendoakan keduanya di tanah suci makkah sehingga bisa menyelesaikan tugas dengan baik.

 

“Mungkin sebagian bapak/ibu yang hadir disini sudah mengetahui bahwa waktu saya dan pak Mad Hasnurin memimpin Lampung Barat tinggal tujuh bulan lagi,” jelasnya.

 

“Jadi tolong doakan agar kami bisa menyelesaikan program-program dengan baik, tidak ada masalah dan persolan juga sehat dan selamat,” pungkasnya.