Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus – Mad Hasnurin (PM) melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2022 di Kecamatan Balik Bukit yang dipusatkan di lapangan Kantor Peratin Pekon Padang Cahya, Rabu (9/2/2022).

Musrenbang tersebut dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 yang dihadiri Anggota DPRD Lampung Barat, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Partinia Parosil Mabsus, Assisten, Kepala Perangkat Daerah, Camat Balik Bukit, para Peratin dan Lurah serta para Kepala Dusun/Kepala Lingkungan.

Kehadiran PM di lokasi acara disambut arak-arakan Hadrah budaya Lampung serta budaya Jawa Timur Jaranan dari Sanggar Ronggoseto Pekon Sedampah Indah menuju panggung acara.

Sebelum diarak, PM dikenakan selendang tapis bermotif celugam khas Lampung Barat oleh tokoh adat setempat. Pemakaian selendang tersebut merupakan sebuah penghargaan dan penghormatan dari masyarakat kepada tamu yang datang.

Sesampainya di panggung acara, PM dan para rombongan kembali disambut dengan penampilan Tari Sembah Batin dari Seni Sanggar Banjarmasin.

Pelaksanaan Musrenbang tersebut didukung dengan adanya pameran produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan dan UMKM. Kemudian didukung adanya Perpustakaan Keliling, Pelayanan Administrasi Kependudukan dan gerai vaksinasi covid-19.

Pada acara tersebut Bupati Parosil secara simbolis melakukan penyerahan dana Kecamatan dan Dana Desa (DD) untuk 10 Pekon yang ada di Kecamatan Balik Bukit, penyerahan biaya penyelenggaraan Pendidikan Merata (PM) dan sarana prasarana pendidikan.

Penyerahan bantuan alat perkebunan dan bantuan bibit tanaman buah serta penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk masyarakat di Kecamatan Balik Bukit dan penyerahan bibit benih ikan.

Melalui sambutannya, Parosil mengatakan Musrenbang ini telah dimulai dari tingkat dusun, pekon dan saat ini telah sampai di tingkat kecamatan yang kemudian akan dilanjutkan di tingkat kabupaten, provinsi dan terakhir di tingkat nasional. Parosil menuturkan, mekanisme tahapan tersebut harus dilalui karena merupakan amanat dari perundang-undangan.

Selanjutnya Parosil meminta kepada masyarakat yang mempunyai gagasan pembangunan dan belum sempat tersampaikan kepada Kepala Dusun atau Peratin, agar dapat menyampaikan gagasan itu di Musrenbang tingkat Kecamatan tersebut.

“Ini merupakan tempat bapak/ibu menyampaikan aspirasi, kritik dan saran dari program yang ditelurkan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat,” ucapnya.

Selanjutnya Parosil mengucapkan terimakasih kepada Firzon, salah satu masyarakat setempat yang telah memberikan apresiasi kepada PM atas pitu program yang dicanangkan. Karena Pitu program yang dicanangkan PM telah dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

Parosil juga berterimakasih kepada DPRD Lampung Barat yang telah memberikan dukungan penuh terhadap Pitu Program yang dicanangkan itu.

“Pitu program ini tidak mungkin dapat mungkin terealisasi atau terwujud, tanpa dukungan dari masyarakat dan juga anggota DPRD,” tuturnya.

Memasuki tahun kelima di masa kepemimpinannya, Parosil menjelaskan bahwa ia bersama wakilnya telah bekerja maksimal sesuai visi (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan atas kerja kerasnya itu, ia menyatakan telah mendapat apresiasi sebanyak 40 penghargaan, baik dari tingkat provinsi maupun dari tingkat nasional.

“Berkat kerja keras dan dukungan dari staf dan jajaran, hingga hari ini Kabupaten Lampung Barat sudah diganjar diberikan apresiasi sebanyak 40 penghargaan,” terangnya.

Kemudian Parosil menyatakan, di awal tahun 2017 di masa kepemimpinannya, Kabupaten Lampung Barat masih berstatus sebagai kabupaten tertinggal. Namun, berkat kerja kerasnya, pada tahun 2019 ia melakukan lompatan mengeluarkan Kabupaten Lampung Barat dari status kabupaten tertinggal menjadi kabupaten berkembang.

“Tahun 2017 akhir, Kabupaten Lampung Barat masuk kategori sebagai kabupaten tertinggal. Pada tahun 2019 dengan program yang memihak rakyat, kami menuntaskan angka kemiskinan, dan kabupaten Lampung Barat keluar dari status kabupaten tertinggal,” paparnya.

Selanjutnya terkait infrastruktur, pada tahun 2022 ini, Parosil mengatakan akan dilakukan pembangunan ruas jalan penghubung Kecamatan Balik Bukit – Kecamatan Sukau.

“Jalan Liwa – Simpang Sebelat tahun ini diperbaiki, saya minta peratin dan masyarakat ikut melakukan pengawasan, supaya hasil pembangunan berkualitas,” pintanya.

Kemudian mengenai program mensejahterakan petani, tahun 2022 ini Parosil berfokus kepada para petani kopi, karena kopi merupakan slah satu icon yang dimiliki Kabupaten Lampung Barat yang terkenal di provinsi Lampung.

Sementara itu, Firzon selaku tokoh masyarakat setempat menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat atas kehadirannya di Pekon Padang Cahya dalam acara Musrenbang tingkat kecamatan dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2023.

“Kami selaku masyarakat Pekon Padang Cahya mengucapkan terimakasih, karena apa yang telah diprogramkan di dalam Pitu Program unggulan Bapak Bupati sudah kami rasakan manfaatnya terkhususnya program Insfratruktur Mantap,” ucapnya.

“Kami akan bersama-sama mendukung bapak Bupati melanjutkan program-program unggulannya untuk mewujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera,” imbuhnya.

Terkait dengan infrastruktur Mantap, Firzon meminta kepada PM untuk tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan yang berada di Kecamatan Balik Bukit.

“Kami mohon bapak Bupati melanjutkan Pembangunan Insfratruktur jalan dari Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit sampai ke Perbatasan Kecamatan Sukau. Karena itu merupakan jalur lintas utama bagi kami terutama bagi masyarakat Pekon Padang Cahya, Pekon Sedampah Indah, Sebelat dan Sukau jadi mohon untuk tetap dilanjutkan,” pintanya.

Kami berharap bapak Bupati dapat mencalonkan diri sebagai Bupati kembali dan melanjutkan program-programnya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kami masyarakat Pekon Padang Cahya tetap menginginkan dan tetap ingin merasakan Pitu Program bapak Bupati gulirkan pada periode-periode yang akan datang terkhususnya di tahun 2023 ini. Oleh karena itu, kami berharap Pak Bupati dapat mencalonkan diri sebagai Bupati kembali dan melanjutkan program-programnya untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.