Dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2022 yang dipusatkan di Pekon Purawiwitan Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat.

 

Saat sampai di lokasi, kehadiran Bupati Parosil disambut baik oleh tokoh masyarat dengan melakukan arak-arakan dan ditandu menaiki Singa Depok menuju panggung acara. Kemudian Bupati dan rombongan kembali disambut dengan Tari Sembah Batin dan ditampilkan juga Budaya Nyambai.

 

Pada kesempatan itu Bupati Parosil melakukan penyerahan Dana Desa (DD) kepada 10 Pekon yang ada di Kecamatan Kebun Tebu yakni Pekon Tribudi Syukur, Pekon Pura Jaya, Pekon Purawiwitan, Pekon Muara Jaya I, Pekon Muara Jaya II, Pekon Tribudi Makmur, Pekon Muara Baru, Pekon Cipta Mulya, Pekon Tugu Mulya, Pekon Sinar Luas.

 

Kemudian, Penyerahan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Merata (BPPM), Penyerahan DAK Fisik bidang pendidikan dan sarana penunjang mutu pendidikan tahun anggaran 2022.

 

Selanjutnya, Penyerahan Bantuan Perkebunan diantaranya Mesin Pemecah Kulit Kopi Basah pulper 1 unit, Mesin Potong rumput 4 unit, Mesin Chopper 1 unit, Penyerahan bantuan bibit tanaman buah, diantaranya buah durian, alpokat, jambu jamaika dan kelengkeng dan Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah

 

Pacik sapaan akrab bagi Bupati Lampung Barat itu mengatakan Penyelenggaraan Musrenbang secara bergilir ini ditujukan Parosil untuk menjalin silaturrahmi antar masyarakat.

 

Parosil mengatakan musrenbang merupakan sebuah tahapan pembangunan yang diamanatkan perundang-undangan yang diawali Musrenbang mulai dari tingkat Dusun, Pekon, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan terakhir di tingkat Nasional.

 

“Mekanismenya itu harus dilalui, karena hal itu merupakan upaya dalam menjaring aspirasi dari masyarakat secara langsung,” ucap Parosil.

 

“Ini merupakan momentum penting, karena disinilah kita dapat duduk bersama untuk merencanakan suatu program yang menjadi kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan kemajuan daerah menuju Lampung Barat Hebat dan Sejahtera,” imbuhnya

 

Dari sini, Pacik berharap apa yang menjadi persoalan disetiap Kecamatan mudah-mudahan dapat terselesaikan.

 

“Mudah-mudahan dengan adanya kita berkumpul dalam kegiatan ini apa yang menjadi persoalan disetiap Kecamatan semoga dapat terselesaikan,” Harapnya.

 

Selaku Kepada Daerah Bupati Parosil, ia juga menyampaikan Tahun 2022 ini, merupakan tahun kelima di masa kepemimpinannya Parosil – Mad Hasnurin (PM) dalam menjalankan roda pembangunan dan pemerintahan di Lampung Barat.

 

Atas dasar itu, Parosil meminta kepada camat dan peratin serta staf jajarannya untuk memprioritaskan usulan kegiatan yang dibutuhkan masyarakat.

 

“Saya meminta, kepada camat, para peratin dan perangkat pekon, LHP, serta kepada masyarakat untuk memprioritaskan usulan kegiatan yang memiliki manfaat bagi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat,” Pintanya.

 

Sementara menanggapi hal itu, Ust. Herian selaku tokoh masyarakat Kecamatan Kebun Tebu, menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat atas pitu program Bupati Parosil dan Wakil Bupati Mad Hasnurin di masa kepemimpinannya.

 

“Saya mewakili masyarakat Kecamatan Kebun Tebu, mengucapkan terimakasih kepada Pak Bupati, karena apa yang telah diprogramkan di dalam Pitu program unggulan sudah kami rasakan manfaatnya. Seperti infrastruktur, pelayanan kesehatan, semua bisa sekolah, ini benar-benar sudah kami rasakan,” ungkapnya.

 

“Sebagai rakyat kami benar-benar merasakan dari tujuh program yang pak bupati laksanakan, kami berharap pak bupati dapat mencalonkan diri sebagai Bupati kembali dan melanjutkan program-programnya untuk kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

 

Kegiatan itu dilanjutkan dengan melakukan peninjauan pameran produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan, UMKM, Gerai Vaksin dan Klinik Pelayanan Kesehatan Hewan.

 

Terlihat hadir pada kesempatan itu Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Barat Edi Novial, Ketua Tim Penggerak- Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Asissten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lampung Barat, Uspika Kecamatan Kebun Tebu, Bhabinkamtibmas, Tokoh adat dan Tokoh Masyarakat setempat.