Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M menghadiri undangan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa 13 Agustus 2024.

Pj Bupati bersama kepala daerah lainnya di agendakan bertemu dan mendengarkan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Sebelum bertemu Presiden, Pj Bupati dan para Gubernur, Bupati, dan Walikota lainnya berkumpul di Stadion Batakan kota Balik Papan.

Selanjutnya, rombongan bergerak menuju Istana Negara IKN dari Stadion Batakan menggunakan Bus yang sudah di siapkan.

Setibanya di Istana, Pj Bupati Nukman dan yang lainnya diawali dengan mendengarkan laporan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian.

Dalam laporannya di hadapan Presiden Tito mengatakan jumlah Kepala Daerah saat ini yakni 38 Gubernur, 98 Walikota, dan 416 Bupati. Dengan total kepala daerah sebanyak 552 orang.

“Hadir secara langsung sebanyak 517 orang, dan 35 orang berhalangan hadir karena terkendala transportasi dan lainnya,” jelasnya.

Sementara, Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa IKN dibangun bukan hanya sebagai pusat pemerintahan baru.

“Tetapi juga sebagai contoh kota masa depan yang dirancang dengan konsep forest city kota yang didominasi oleh lingkungan hijau, bukan beton dan kaca,” terangnya.

Orang nomor satu di Republik Indonesia itu pun mengajak para kepala daerah untuk meniru dan menerapkan konsep serupa di daerah masing-masing.

Presiden menekankan pentingnya perencanaan jangka panjang yang matang dan detail, meskipun tidak selesai dalam satu periode kepemimpinan.

Presiden Jokowi berharap apa yang telah dilihat dan dipelajari oleh para kepala daerah selama kunjungan ke IKN dapat diimplementasikan di daerah masing-masing.

“Membawa manfaat nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Pj Bupati Lampung Barat menyampaikan pada prinsipnya Pemerintah Daerah akan selalu mendukung seluruh program pemerintah pusat.

“Termasuk dalam rangka mendorong pengembangan ibu kota IKN sebagai ibu kota Nusantara,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan hari tersebut pun menjadi sarana bagi dirinya selaku kepala daerah untuk berjumpa sejumlah Menteri di kabinet pak Jokowi dan berbicara tentang kondisi daerah.

“Berbicara tentang stabilitas keamanan serta ekonomi sosial kemasyarakatan dan infrastruktur daerah yang masih butuh campur tangan pemerintah pusat,” ucapnya.

Udo Nukman (begitu sapaan akrapnya) pun mengungkapkan rasa bangga, pasalnya dalam kunjungannya mendapat kesempatan untuk melihat langsung pembangunan istana IKN.

“Saya dan para undangan yang lainnya melakukan peninjauan ke beberapa tempat di IKN yang di arahkan langsung oleh Kementerian PUPR,” pungkasnya.