Hari terakhir perhelatan event Festival Budaya Sekala Bekhak ke X tahun 2024 puluhan grup sekura unjuk kebolehan dihadapan Pj Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M beserta jajaran di Lapangan merdeka Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit, Selasa (23/7

Untuk diketahui, pawai budaya sekura merupakan yang pertama kalinya diadakan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat pada perhelatan Festival Budaya Sekala Bekhak. Digelarnya pawai budaya sekura para perhelatan Festival Budaya Sekala Bekhak di tahun 2024 ini selain memang mengangkat maskot Topeng Sekura juga upaya Pemerintah Kabupaten Lampung Barat untuk mengenalkan budaya sekura pada mancanegara.

Sebab, dikatakan Nukman budaya yang akrab di kenal dengan topeng seribu wajah warisan dari nenek moyang terdahulu itu hanya ada di Lampung Barat, bahkan saat ini sudah menjadi event Nasional.

“Sekura cakak buah yang dimiliki Lampung Barat saat ini sudah diakui oleh Kementrian Pariwisata dan Kementerian Kebudayaan masuk dalam event nasional. Jadi kita sudah memiliki dua budaya yang masuk dalam event nasional yakni sekura cakak buah dan Festival Sekala Bekhak,” ungkapnya.

Pihaknya mengaku hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Lampung Barat mengingat tidak setiap daerah memiliki budaya tergolong envent Nasional.

“Saya sendiri yang merupakan asli putra daerah, asli suku lampung memilki rasa bangga budaya sekura cakak buah ini yang sempat tenggelam beberapa tahun yang lalu saat ini sudah diakui oleh Kementrian sebagai event nasional. Kita sebagai generasi penerus wajib menggali, mempelajari dan melestarikan budaya asli di Bumi Sekala Bekhak, ini merupakan salah satu kekayaan yang kita miliki yang belum tentu dimilki daerah lain,” terangnya.

Melalui event Festival Budaya Sekala Bekhak yang sudah empat kali berturut-turut masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Udo Nukman (sapaan akrabnya) berharap selain sebagai ajang promosi dapat menunjukkan kepada manca negara kekayaan budaya yang dimilki Lampung Barat.

“Kita tunjukkan kepada dunia, kekayan budaya yang kita dimilki. Buat para wisatawan dari mancanegara untuk mengunjungi Lampung Barat,” tutupnya.