Asisten III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Lampung Barat Wasisno Sembiring SE,. M.SI meminta keseriusan komitmen seluruh stakeholder yang terlibat dan upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Lampung Barat.

Hal itu disampaikan Wasisno Sembiring saat membuka Rembuk Stunting Tahun 2025 Kabupaten Lampung Barat di Aula Kagungan Setdakab, Kamis 30 Mei 2024.

“Saya minta keseriusan dan komitmen dari seluruh stakeholder, pemerintah pekon dan para pihak untuk bersama-sama mewujudkan penanggulangan penurunan stunting di Lampung Barat,” sebutnya.

Wasisno Sembiring mengatakan bahwa percepatan penurunan angka stunting merupakan salah satu program prioritas nasional yang harus didukung bersama-sama.

“Permasalahan stunting merupakan lintas sektor melibatkan seluruh stakeholder secara terintegrasi melalui koordinasi serta konsolidasi program dan kegiatan pusat, daerah, hingga tingkat Pekon,” jelasnya.

“Artinya penurunan angka stunting bukan hanya sebagai tanggung jawab dinas kesehatan, bapeda dan BKKBN saja namun menjadi tanggung jawab bersama termasuk pihak pekon dan lapisan masyarakat,” sambungnya.

“Ditingkat pekon ada Anggaran Dana Desa (ADD) yang bisa digunakan untuk penanganan penurunan stunting,” masih kata Wasisno Sembiring.

Ditempat yang sama, kepala Bapeda Kabupaten Lampung Barat Agustanto Basmar, S.P, M.Si dalam laporannya menyampaikan tujuan digelarnya kegiatan tersebut sebagai rencana upaya penurunan angka stunting tahun 2025 mendatang.

“Selain untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kenaikan angka stunting, sekaligus penandatangan komitmen bersama sebagai upaya penurunan stunting di Lampung Barat,” tutupnya.