Bupati Lampung Barat (Lambar) H. Parosil Mabsus mengimbau kepada lapisan masyarakat yang hendak bepergian meninggalkan rumah agar selalu berhati-hati dan waspada sebagai langkah pencegahan potensi terjadinya kebakaran.

Hal tersebut diutarakan Bupati Lambar saat melakukan peninjauan sekaligus menyerahkan bantuan kepada warga yang rumahnya mengalami musibah kebakaran, Rabu 3/8/2022.

Diketahui, Musibah kebakaran itu menimpa rumah semi pemanen, milik Barnas (60) warga Gang Al Furqon, Pemangku Marga Asuhan Pekon Puralaksana, Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lambar, yang terjadi pukul 16.00 Wib Selasa 2/8/2022  disebabkan oleh korsleting arus pendek listrik saat pemilik rumah sedang berada diluar rumah.

Akibat kejadian itu kerugian diperkirakan mencapai Rp150 juta, sebab sebagian besar perabotan isi rumah tidak dapat diselamatkan karena api sudah membesar.

Mendapat informasi musibah tersebut Bupati Lambar turun langsung ke lokasi untuk melakukan peninjauan sekaligus menyerahkan bantuan berupa sembilan bahan pokok (Sembako), perlengkapan rumah tangga, yang bersumber dari Dinas Sosial (Dinsos) dan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berupa dana tunai sejumlah Rp. 3.000.000.

Pada kesempatan itu, Parosil mengungkapkan santunan tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lambar kepada masyarakat yang mengalami musibah kebakaran.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi korban yang telah terkena musibah,” Ungkapnya.

Selain itu, Pakcik sapaan akrab bagi Bupati Lambar menyampaikan ucapan belasungkawa atas musibah kebakaran yang menimpa keluarga bapak Barnas.

“Semoga diberi kekuatan dan ketabahan bagi keluarga bapak Barnas dan kedepannya mendapat rezeki yang lebih baik,” Kata Pakcik.

Selanjutnya, Bupati Lambar mengatakan bahwa kebakaran pada umunya terjadi disebabkan oleh korsleting listrik dan kebocoran tabung gas elpiji oleh karena itu dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati.

“Oleh karena itu saya mengimbau supaya masyarakat khususnya di Lambar selalu waspada, perhatikan hal-hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran,” Sebutnya.

Terakhir, ia berpesan ketika hendak melakukan aktivitas di luar rumah, harus di pastikan terlebih dahulu seluruh sambungan listrik sudah dalam keadaan mati, agar kecil lemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Turut hadir pada kegiatan itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional Lambar Abdul Rosyid, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Peratin.