Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus melantik Peratin di dua kecamatan, yakni Peratin di Kecamatan Suoh dan Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS), Selasa (17/5/2022).

 

Peratin yang dilantik Parosil di Kecamatan Suoh berjumlah 5 (lima) orang, yaitu Joko Purnomo sebagai Peratin Pekon Sumber Agung, Herlin dilantik sebagai Peratin Pekon Tugu Ratu, Jaimin dilantik sebagai Peratin Pekon Sukamarga, Tunggono dilantik sebagai Peratin Pekon Banding Agung dan Anton Cahyadi dilantik sebagai Peratin Pekon Roworejo.

 

Sementara Peratin di Kecamatan BNS berjumlah 6 (enam) orang, yaitu Fuad Hasim dilantik sebagai Peratin Pekon Suoh, Sunarto dilantik sebagai Peratin Pekon Bandar Agung, Helmansyah dilantik sebagai Peratin Pekon Gunung Ratu, Syahruddin dilantik sebagai Peratin Pekon Bumi Hantatai, Hendriyanto dilantik sebagai Peratin Pekon Ringin Jaya dan Tri Waluyo, S.Pd. dilantik sebagai Peratin Pekon Tri Mekar Jaya.

 

Pelantikan Peratin tersebut merupakan hasil dari pemilihan peratin serentak gelombang pertama yang diikuti 60 Pekon (Desa) yang ada di Kabupaten Lampung Barat dan telah dilaksanakan pada 23 Februari 2022 yang lalu.

 

Pelantikan itu ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan oleh para peratin terpilih yang dipimpin langsung Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus.

 

Kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara oleh para peratin yang dilantik dan dua orang saksi dari unsur TNI/Polri serta rohaniawan. Setelah itu disusul penandatanganan oleh Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus.

 

Selanjutnya dilanjutkan penyematan tanda jabatan dan penyerahan surat keputusan oleh Bupati Parosil kepada para peratin.

 

Pelantikan Peratin tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lampung Barat Nomor: B/227/KPTS/III.13/2022 Tanggal 20 April 2022.

 

Prosesi pelantikan Peratin itu pun turut dihadiri Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Barat Edi Novial dan anggota, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Barat Drs. Adi Utama, Asissten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Camat Suoh, Camat BNS, Peratin, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama, Tokoh Adat danTokoh masyarakat.

 

Pelantikan Peratin terpilih Kecamatan Suoh dipusatkan di Pekon Tugu Ratu, sementara untuk pelantikan Peratin terpilih di Kecamatan BNS dipusatkan di Pekon Suoh.

 

Bersamaan dengan itu, Parosil sekaligus melakukan penyerahan bantuan berupa mesin pemotong rumput untuk kelompok tani di Kecamatan Suoh dan BNS.

 

Penyerahan bantuan itu dilakukan secara simbolis oleh Parosil, untuk kelompok tani di Kecamatan Suoh berupa tiga (3) unit, yaitu Kelompok Tani Tunas Harapan Pekon Banding Agung, Kelompok Tani Sinar Harapan Pekon Sumber Agung dan Kelompok Tani Sido Maju Pekon Roworejo.

 

Sementara di Kecamatan BNS sebanyak 2 (dua)

unit, yaitu untuk Kelompok Tani Cempaka Tiga Pekon Suoh dan Kelompok Tani Tri Maju Pekon Bumi Hantatai.

 

Melalui sambutannya, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus mengatakan lelantikan peratin merupakan saat yang bersejarah, dimana dimulainya suatu kehidupan baru.

 

Oleh karenannya Parosil berharap kepada peratin terpilih agar menjadi seorang pemimpin yang bijak.

 

“Saya harap kepada saudara untuk bersikap dan berprilaku bijak,” ucap Parosil.

 

“Sehingga pihak-pihak yang bersebrangan dengan saudara tidak merasa tersisih,” sambungnya.

 

Dengan bekal itu, diharapkan para peratin dapat menciptakan suasana yang kondusif di pekonnya masing-masing.

 

“Selanjutnya dalam hal ini pelayanan kepada masyarakat, saudara juga harus dapat bertindak seadil-adilnya sesuai dengan sumpah yang baru saja saudara ucapkan,” tegas Parosil.

 

Parosil menyatakan, tugas pertama sebagai peratin adalah kembali merajut tali persaudaraan di antara sesama warga, agar perbedaan aspirasi selama masa pemilihan peratin beberapa waktu yang lalu tidak berkembang ke arah perpecahan yang akan merugikan semua pihak.

 

Kepemimpinan dan peran peratin dalam pembangunan sangat penting, karena posisinya sebagai aparat pemerintah yang terdekat dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

 

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus berupaya meningkatkan kemampuan perangkat pekon agar dapat menjalankan pemerintahan secara lebih baik.

 

“Kepada saudara camat, saya berharap saudara memberikan bimbingan dan motivasi kepada semua peratin agar terus membangun pekonnya dengan menggerakkan partisipasi masyarakat,” harap Parosil.

 

“Kepada Lembaga Himpun Pemekonan (LHP) dan masyarakat berikanlah dukungan yang tulus kepada peratin karena tanpa dukungan yang tulus dari saudara sekalian mustahil para peratin ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,”

 

Selanjutnya kepada peratin yang lama yang telah memasuki masa purna bhaktinya, Parosil mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya.

 

“Terima kasih kepada panitia pemilihan peratin dan tim pengawas kecamatan, TNI-Polri serta semua komponen yang telah berhasil melaksanakan kegiatan pemilihan peratin dengan aman, tertib dan lancar, semoga amal bakti saudara mendapat anugrah dari tuhan yang maha kuasa, aamiin,” tutupnya.

 

Sementara, tokoh masyarakat Kecamatan Suoh, Ahmad Dardiri, ia mengatakan jika menjadi seorang Peratin adalah tanggung jawab yang besar.

 

“Ditambah lagi saudara-saudara dipercayakan oleh pemerintah pusat dalam mengelola dana desa (DD) di pekon nya masing-masing,” ujar Ahmad.

 

Ia meminta kepada Peratin yang terpilih di pekonnya maupun Peratin lainnya untuk menggunakan anggaran dana desa dengan baik.

 

“Gunakan dana desa ini dengan sebaik-baiknya dengan bijaksana,” pesannya.

 

“Jangan sampai salah dalam mengelola Dana Desa ini,” sambungnya.

 

Selaku masyarakat, Ahmad Dardiri berharap kepada seluruh Peratin terpilih untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

 

“Kami selaku masyarakat kecamatan Suoh berharap kepada peratin terpilih ini, agar kiranya dapat menjadi Peratin yang amanah dan menjadi Peratin yang adil dan bijaksana untuk masyarakat,” pungkasnya.