Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung Drs. Nukman M.M diangkat menjdi anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) 07 wilayah Kabupaten Lampung Barat.

Anugrah diberikan saat dirinya menghadiri pembukaan bimbingan organisasi Rapi 07 wilayah Kabupaten Lampung Barat di Lamban Pancasila Kecamatan Balik Bukit, Minggu 25 Agustus 2024.

Ditandai dengan pemakaian rompi dan topi sekaligus penyerahan Kartu Tanda Anggota (KTA) Rapi 07 wilayah Kabupaten Lampung Barat oleh ketua Rapi 08 wilayah Provinsi Lampung Hj. Sri Maryati. Dengan frekuensi JZ08BQW.

Dalam sambutannya, Nukman menyampaikan sekalu kepala daerah dirinya mengapresiasi sinergiritas Rapi wilayah 07 dengan Pemerintah Lampung Barat selama ini.

Menurut Nukman, organisasi Rapi sebagai lembaga sosial. Dikatakannya di Lampung Barat sendiri Rapi telah memberikan kontribusi nyata kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat maupun lapisan masyarakat.

Rapi merupakan organisasi yang sangat berperan dalam membantu masyarakat, khususnya ikut serta dalam upaya membantu pemerintah dalam menyampaikan berbagai informasi.

“Dari kegiatan kepramukaan, olahraga, sosial kemasyarakatan, dan penyelenggaraan kegiatan kemanusiaan lainnya, penyampaian berita marabahaya, bencana alam, pencarian dan pertolongan atau sar,” kata Nukman.

“Selama ini Rapi memang luar biasa. Kordinasinya baik, kerjanya bagus dan selama ini kita selalu expose apa yang sudah dilakukan oleh kawan-kawan Rapi,” sebutnya.

“Karna Lampung Barat ini memang temptnya bencana tapi berkat kerjasama yang kompak termasuk salah satunya organisasi Rapi sehingga semuanya bisa teratasi,” sambungnya.

Terlebih, Lampung Barat termasuk merupakan wilayah pegunungan, dengan adanya organisasi Rapi diharapkan dapat memperlancar komunikasi jika terjadi sesuayu hal.

“Meskipun saat ini di era zaman moderent namun di Lampung Barat sendiri masih terdapat titik-titik yang mengalami kendala, karena Lampung Barat termasuk dalam wilayah pegunungan dengan adanya temen-teman anggota Rapi ini diharapkan dapat memperlancar komunikasi terlebih saat terjadi sesuatu,” jelasnya.

Pj Bupati Lampung Barat berpesan agar pengurus Rapi dapat selalu solid dan selalu menjadi media informasi bagi masyarakat luas.

Nukman juga mengatakan bahwa, selaku pemerintah daerah sangat mendukung adanya keberadaan pengurus Rapi.

“Jalankan organisasi sesuai dengan visi misi rapi di dalam upaya untuk menjadikan rapi dicintai oleh masyarakat serta terwujudnya rapi yang berkualitas sebagai asset nasional,” ujarnya.

Ke depannya, Nukman meminta Rapi wilayah Lampung Barat agar melakukan pemetaan dengan melakukan kordinasi dengan Kecamatan-kecamatan di wilayah Lampung Barat.

“Bahkan kalo bisa setiap pekon itu dibentuk kepengurusannya, terkait cara agar komunikasinya lebih baik lagi silahkan didiskusikan bagaimna polanya,” terangnya.

Sementara ketua Rapi 07 wilayah Lampung Barat Pistorik menyatakan komitmen Rapi dalam menjalin sinergiritas kepada Pemerintah maupun lapisan masyarakat.

“Rapi selalu siap terjun membantu penanganan masalah-masalah sosial,” katanya.

Dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat selama ini sudah menjalin sinergiritas dengan dengan pihaknya.

“Selaku ketua Rapi 07 wilayah Lampung Barag tentu saya ucapkan terimakasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat selama ini,” tutupnya.