Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah, Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M melakukan monitoring ketersediaan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) bertempat di Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit, Jum’at (16/02/2024).

Dalam monitoring ketersedian Sembako tersebut turut hadir Kapolres Lampung Barat Ryky Widya Muharom, S.H., S.I.K, Asistren II bidang Prekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring dan Kepala Perangkat Daerah.

Pj. Bupati Lampung Barat mengatakan tujuan dilakukannya monitoring tersebut yakni untuk melakukan peningkatan pengawasan terhadap ketersediaan serta harga Bahan Pokok.

“Guna menjamin ketersediaan dan distribusi bahan pokok serta mengendalikan harga kebutuhan bahan pokok jelang Bulan Suci Ramadhan,” jelasnya.

Menurut Nukman, pasokan barang kebutuhan sehari-hari atau Sembako di Kabupaten Lampung Barat sampai dengan saat ini masih relatif stabil tidak terjadi kenaikan harga secara signifikan.

Dikatakannya, masyarakat tidak perlu kawatir terhadap kemungkinan terjadinya kelangkaan sembako dan kenaikan harga yang tidak terkendali.

“Sampai dengan hari ini berdasarkan pantauan kita dilokasi persediaan barang kebutuhan sehari-hari seperti biasa tidak ada yang mengalami kelangkaan yang parah dan mengalami kenaikan secara siknifikan masyarakat tidak perlu kawatir,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Udo Nukman itu mengungkapkan, hanya saja memang terjadi kenaikan pada beras dimana ada kenaikan sekitar Rp 1000 – Rp 2000 perkg. Sementara harga kebutuhan lainnya masih relatif stabil.

Terkait, pengawasan stok maupun harga sembako Nukman menjelaskan sebenarnya tidak hanya di lakukan menjelang hari-hari besar seperti puasa dan lebaran saja.

“Kita bekerja setiap hari, dengan demikian kita bisa mengetahui tingkat kebutuhan masyarakat dan ketersediaan Sembako dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Harganyapun kita awasi, karena tidak tertutup kemungkinan ada pedagang yang menaikkan tidak sesuai aturan,” tutupnya.