Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M bertindak selaku Inspektur Upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Republik Indonesia (RI) yang digelar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat di Lapangan Indrapati Cakranegara Kecamatan Balik Bukit, Sabtu 17 Agustus 2024.

Sementara, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Barat Edi Novial, S.Kom bertugas membacakan Naskah Proklamasi, juga dihadiri oleh Forkopimda, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Peratin, Instansi Vertical, legiun veteran dan perwakilan siswa-siwi.

Usai melaksanakan upacara, Pj Bupati Nukman bersama Forkompimda Kabupaten Lampung Barat dilanjutkan menyaksikan siaran langsung upacara detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT ke 79 RI secara virtual di Loby Kantor Bupati Lampung Barat.

Upacara yang disiarkan secara live dari istana negara Ibu Kota Nusantara Kalimatan Timur, Presiden Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara. Sedangkan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Presiden Makruf Amin.

Kemudian, rangkaian dilanjutkan ramah tamah antara Forkompimda dengan legiun veteran sekaligus pemberian tali asih kepada kepada legian veteran Lampung Barat.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Lampung Barat mengatakan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI selain peringatan seremonial yang dilakukan secara rutin, juga merupakan sumber semangat, motivasi dan kekuatan bagi bangsa dalam mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Menurutnya, persembahan dari para pahlawan yang telah berjuang membela Negara Kesatuan RI merupakan perjuangan yang tidak ternilai harganya bagi seluruh bangsa Indonesia.

Dengan tegas Nukman mengatakan semangat patriotisme harus terus ditanamkan dalam diri untuk mengenang jasa-jasa pahlawan dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI.

“Perjuangan zaman dulu dengan zaman sekarang berbeda. Jika perjuangan zaman dulu adalah dengan mempertaruhkan nyawa untuk menjaga kedaulatan NKRI sekarang perjuangan generasi penerus adalah dengan mengisi kemerdekaan untuk kesejahteraan rakyat,” kata dia.

Dirinya menyatakan komitmen untuk terus bekerja keras, sebagaimana yang telah dilakukan oleh para pejuang, yakni dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Lampung Barat.

“Untuk itu, kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para pejuang veteran yang telah berjuang untuk menjaga tanah air kita hingga bisa mencapai kemerdekaan,” ucapnya.

Sebagai generasi penerus Nukman mengajak untuk terus memberikan penghormatan kepada para pejuang yang telah gugur membela tanah air dengan mempertaruhkan segalanya untuk tanah air tercinta.

Usai ramah tamah dengan legiun veteran, Pj Bupati Lampung Barat bersama Forkompimda melakukan upacara kehormatan dan tabur bunga nasioanal makam pahlawan di pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan RI.

Dikatakan Nukman, dengan melakukan kegiatan ziarah nasional ke makam pahlawan tersebut, juga untuk mengingatkan kepada penerus bangsa agar tidak melupakan sejarah dan menghormati jasa para pahlawan terdahulu.

“Sebagai penerus bangsa kita harus bersyukur dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan selalu berpedoman dan meneladani sikap para pahlawan,” pungkasnya.