Dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun ke-79 kemererdekaan Republik Indonesia tahun 2024, Pj Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M mencanangkan gerakan 10 juta bendera merah putih secara simbolis di Lapangan Kantor Bupati setempat, Senin (05/08).

Pencanangan gerakan 10 juta bendera Merah Putih yang dilakukan Pj Bupati Lampung Barat secara simbolis kepada Kepala Perangkat Daerah yang kemudian dilanjutkan kepada lapisan masyarakat dilakukan disela kegiatan pelaksanaan apel mingguan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Dalam amanatnya, Nukman menyampaikan gerakan Pembagian Sepuluh Juta Bendera Merah Putih dilakukan secara Nasional di seluruh wilayah Negara Indonesia dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia.

“Melibatkan seluruh forum koordinasi dan stakeholder terkait beserta seluruh komponen masyarakat, sesuai Surat Menteri Dalam Negeri No.400.10.1.1/2152/SJ tanggal 8 Mei 2024,” tegasnya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bela negara, serta terus mengembangkan wawasan kebangsaan. Hal itu agar dapat melahirkan insan-insan Indonesia yang memiliki, nilai integritas dalam berfikir, nilai kegotongroyongan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Lebih lanjut Nukman mengatakan, gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih dilaksanakan dengan pemikiran bahwa Bendera Merah Putih, merupakan identitas Bangsa, simbol dan alat pemersatu bangsa Indonesia, yang selama bulan kemerdekaan akan berkibar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pemerintah telah mengatur pemasangan bendera Merah Putih untuk menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia bertujuan untuk memeriahkan hari kemerdekaan sekaligus sebagai bentuk eksperisi cinta tanah air. Masyarakat dihimbau mengibarkan Bendera Merah Putih dari tanggal 1 hingga 31 Agustus 2024,” lanjutnya.

Himbauan tersebut berdasarkan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor : B-04/M/S/TU.00.03/07/2024 tentang penyampaian tema dan logo Hari Ulang Tahun ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahu. 2024.

Ia meyampaikan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia pada tahun 2024 ini mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” Nukman mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap mewarisi jiwa juang yang tinggi, menjaga keutuhan bangsa, dengan terus mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, tentang rasa kebersamaan dan kesetaraan.