Pj Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M melepas 3 orang peserta Paskibraka Lampung Barat ke tingkat Provinsi Lampung yang akan mengikuti pelatihan di hotel GS Jl Wolter Monginsidi No 71a Pangajaran Teluk Betung Utara Kota Bandar Lampung mulai tanggal 5 sampai dengan 16 Agustus 2024.

Tiga putra putri terbaik Lampung Barat tersebut yakni Arsya Chalemen Chalista Chambers SMAN 1 Liwa, Jeni Rezkia Wulandari MAN 1 Lampung Barat, Dharwy Helena Manullang SMAN 1 Liwa.

Keberangkatan peserta Paskibraka asal Kabupaten Lampung Barat di lepas Pj Bupati Nukman didampingi Kaban Kesbangpol Burlianto Eka Putra di ruang kerja Bupati, Kamis 01 Agustus 2024.

Pj Bupati Nukman menyampaikan terimakasih kepada peserta Paskibraka yang sudah membawa nama Lampung Barat ke tingkat Provinsi Lampung.

“Saya secara pribadi dan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menyampaikan terimakasih kepada anak-anakku peserta Paskibraka yang sudah membawa nama Lampung Barat ke tingkat Provinsi Lampung. Jaga nama baik Lampung Barat,” terangnya.

Bupati Nukman meminta agar para utusan menunjukkan semangat nasionalisme yang tinggi, dan aktif mengikuti proses pelatihan dan pendidikan.

Sebab menurutnya, peserta Paskibraka salah satu yang berperan penting dalam suksesnya pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

“Peserta giat dalam berlatih, mengikuti aturan, fokus, disiplin, serta selalu menjaga kesehatan. Ikuti dengan sungguh-sungguh pembelajaran yang diajarkan pelatih di tingkat Provinsi nantinya,” ujarnya.

Nukman juga berpesan agar peserta utusan Paskibraka segera dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, sebab dalam proses pelatihan peserta Paskibraka asal Lampung Barat akan berbaur dengan peserta dari daerah-daerah lain.

“Dalam proses pelatihan nanti kalian akan ketemu dengan perserta-peserta lainnya dari berbagai Kabupaten, berbaurlah menyesuaikan diri namun harus tetap jaga etika dan sipan santun yang baik. Beri kesan yang baik kepada peserta dari daerah lain,” ungkapnya.

Sementara dalam sampaiannya, Burlianto Eka Putra menyampaikan, sebelumnya para peserta telah mengikuti seleksi tingkat Provinsi Lampung pada 13 sampai dengan 16 Mei 2024 lalu.

“Sebelumnya anak-anak kita ini terdapat 6 orang yang mengikuti seleksi tingkat Provinsi pak Bupati namun yang lolos ikut pelatihan 3 orang. Meraka akan bertugas sebagai Paskibraka ditingkat Provinsi Lampung pada 17 Agustus mendatang yang rencananya akan di gelar di Kota Baru Lampung Selatan,” kata Burlianto.

Pak Bur begitu sapaan akrabnya bagi Kaban Kesbangpol itu, berpesan agar para peserta Pskibraka agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang diberikan pelatih, panitia sehingga bisa masuk dalam tim anti.