Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lampung Barat Drs. Nukman M.M mendampingi Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi melakukan penebaran benih ikan.

Penebran kurang lebih 40 ribu benih ikan jenis nila dan lele dombo dilakukan di kolam Pekon Semarang Jaya Kecamatan Air Hitam, Rabu 29 Mei 2024.

Gubernur Lampung menjelaskan dilakukannya penebaran benih ikan terbut salah satu upaya untuk memperbaharui populasi ikan yang saat ini habitatnya mulai menurun.

“Penebaran bibit ikan ikonik restocking ini tujuannya untuk mengembalikan keseimbangan ekosistem, mendukung keberlanjutan perikanan, dan memastikan ketersediaan ikan bagi masyarakat,” terangnya.

“Upaya ini dilakulan dalam konteks konservasi dan pengelolaan sumber daya alam perikanan,” lanjutnya.

Dengan adanya bantuan benih ikan tersebut, Pj Bupati Lampung Barat menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gubernur Lampung yang telah memberikan perhatian besar terhadap masyarakat Air Hitam khusunya Pekon Semarang Jaya.

“Karena upaya seperti ini tidak hanya sebagai upaya pelestarian konservasi tapi otomatis akan ikut meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan ekonomi masyarakat Semarang Jaya,” ungkapnya.

“Semoga ini langkah awal bagi masyarakat Pekon Semarang Jaya untuk dapat memanfaatkan lokasi yang ada agar dapat menghasilkan ekonomi ke depannya,” lanjutnya.

Nukman juga meminta kepada masyarakat agar dapat menjaga dan merawat kolam ikan tersebut agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Setelah di tabur benih ikan ini maka harus dirawat. Tidak cukup dengan ditabur benih saja namun mesti harus di kasih pakan,” tutupnya.