Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mempersembahakan kado istimewa kepada lapisan masyarakat setempat.

Pasalnya, bertepatan dengen Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2023 yang di gelar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui dinas Kesehatan di Gor Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu Kecamatan Balik Bukit, (21/11) telah terwujudnya Universal Health Coverage
(UHC) cakupan Kepesertaan Jaminan Kesehatan
Nasional per 1 Oktober 2023.

Dengan dilakukan launching Universal Health Converage yang dihadiri langsung oleh Deputi Direksi BPJS kesehatan wilayah III Yudi Bastia.

Dalam sampaiannya, Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M menyampaikan rasa bangganya, sebab dikatakannya, UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan semua penduduk telah terdaftar sebagai peserta program jaminan kesehatan nasional.

Dirinya menjelaskan capaian Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Lampung Barat saat ini sudah mendekati 100 persen.

“Saat ini capaian kepesertaan JKN Kabupaten Lampung Barat sebesar 96,8 persen,” terangnya.

Dengan capaian UHC tersebut membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Lampung Barat terus berupaya agar setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif dan bermutu.

Sementara, deputi Direksi BPJS kesehatan wilayah III Yudi Bastia mengatakan, launching UHC tersebut merupakan salah satu kemenangan yang berhasil dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam memberikan perlindungan layanan kesehatan bagi
masyarakatnya.

“Kami segenap jajaran manajemen BPJS Kesehatan mengucapkan selamat Hari
Kesehatan Nasional Ke-59 dan launcing UHC Kabupaten Lampung Barat,” jelasnya.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Barat yang telah mencapai Universal Health Coverage,” ucapnya.

Yudi menjelaskan, bahwa
sampai dengan 1 November 2023 jumlah peserta JKN Kabupaten Lampung Barat telah mencapai 96,85 persen dari jumlah penduduk atau sejumlah
298.460 jiwa.

“Sehingga terdapat lebih kurang 9.699 jiwa penduduk yang belum memiliki kepesertaan JKN dengan tingkat keaktifan peserta yaitu 65,04 persen,” ujarnya.

Terakhir, ia menyampaikan selamat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lampung Barat yang telah memiliki perlindungan finansial dan akses kepada pelayanan kesehatan sebagai Peserta JKN.

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten
Lampung Barat yang telah
berkomitmen dan menjadi penggerak dalam meningkatkan serta mendukung keberhasilan dari implementasi program JKN sebagai Program Strategis yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Lampung Barat,” pungkasnya.