Ribuan masyarakat kabupaten Lampung Barat memadati lapangan Sukajadi, Pekon Suoh, Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS) dalam rangka pengajian akbar yang dihadiri langsung Gunernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, pada Jumat (10/11/2023).

Pengajian akbar itu mengdirkan penceramah kondang Ust. Wijayanto dan dihadiri Anggota DPD RI Abdul Hakim, Ketua Komisi V DPRD Provinsi Lampung Yanuar Irawan dan Kepala Perangkat Dearah Provinsi Lampung.

Pada acara tersebut, Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gunernur Lampung di bumi beguai jejama sai betik.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, menyampaikan ungkapan rasa terima kasih kami kepada Gubernur Provinsi Lampung, Bapak. Dr. (HC) Ir. Arinal Djunaidi yang telah hadir dan berkunjung di kabupaten Lampung Barat,” ucap Nukman.

Nukman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama memperkokoh persatuan dan kesatuan, tekad serta kerja keras yang ditujukan untuk peningkatan kualitas pembangunan di kabupaten Lampung Barat.

“Sekali lagi kami berharap antara pemerintah dan masyarakat berada dalam satu harapan, satu tekad dan satu cita-cita dalam meraih kemajuan daerah kabupaten Lampung Barat ini dan mempersembahkan kemaslahatan bagi masyarakat banyak,” harapnya.

Selanjutnya melalui kegiatan pengajian tersebut, Nukman mengajak masyarakat untuk dapat memetik hikmah dalam meningkatkan iman dan ketaqwaan.

“Semoga pengetahuan dan wawasan keagamaan kita makin meningkat dan yang lebih utama adalah kita dapat terus memelihara silaturrahmi antara ulama, umaro, dan umat,” ungkapnya.

“Semoga Allah lebih banyak lagi mencurahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita benar-benar dapat menjadi hambanya yang muttaqin, Aamiin,” harpanya.

Sementara itu, dalam sambutannya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menjanjikan pembanguan sejumlah ruas jalan yang ada di Kabupaten Lampung Barat dengan anggaran sebesar 42 miliar.

Arinal mengungkapkan, Anggaran 42 miliar tersebut difokuskan untuk membangun ruas jalan yang dianggap prioritas pembanguan, yakni ruas jalan Simpang Trimulyo – Bungin Kecamatan Gedung Surian – Kelurahan Tugu Sari Kecamatan Sumber Jaya, Pekon Balak Kecamatan Batu Brak – Kecamatan Suoh.

Ruas jalan tersebut ditarget bakal rampung dan dapat dinikmati masyarakat di tahun 2024 menedatang yang dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Lampung tahun 2023.

“Anggaran 42 miliar untuk membangun jalan, di tahun 2024 pembangunannya selesai,” kata Arinal.

Dalam acara pengajian yang dimulai sekira pukul 09.00 hingga 11.30 WIB tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berkesempataan memberi santunan terhadap anak yatim/piatu dan memberikan anggaran dana untuk pembangunan rumah ibadah yang ada di kabupaten Lampung Barat.

Tidak hanya itu, Gubernur Arinal juga melakukan penyerahan alat kegiatan pembangunan perkebunan kepada masyarakat Lampung Barat, di antaranya alat sumur bor, alat pasca panen kopi, mesin pengolahan kopi, pompa jaringan irigasi, alat pemotong rumput, peremajaan tanaman kopi melalui sambung pucuk, ujicoba intercruping kopi dan lada, bantuan alat shaker untuk pembuatan metabolit sekunder agen pengendalian hayati (APH), surat pendataan registrasi pekebun dan sertifikat hasil pengujian, pemberian asuransi ketenagakerjaan program KPB.