Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Operasional Pembangunan (POP) triwulan IV tahun 2023 yang berlangsung di Aula Kagungan Setdakab, Rabu (08/11/2023)

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Kabupaten Lampung Barat Drs. Nukman, M.M yang diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Ismet Inoni, M.M dalam sambutannya menyampaikan Rakor POP tersebut mempunyai peran penting dan strategis dalam pelaksanaan evaluasi pelaporan penyerapan anggaran APBD, dimana kinerja Perangkat Daerah dalam pengelolaan anggaran saat ini menduduki posisi penting dan strategis dalam penyelenggaraan pembangunan daerah yang bertujuan untuk peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, Rapat koordinasi ini dilakukan untuk menindaklanjuti pengendalian administrasi pelaksanaan pembangunan daerah yang dilaksanakan Kepala Perangkat Daerah serta mengevaluasi dan melihat sejauh mana progress pelaksanaannya di lapangan, baik realisasi fisik maupun keuangan.

“Rapat ini juga untuk menilai kemajuan pelaksanaan pembangunan Kabupaten Lampung Barat serta ketaatan terhadap administrasi penyelenggaraan kegiatan pembangunan agar target indikator kinerja dapat tercapai, termasuk optimalisasi pelaksanaan kegiatan,” ucapnya.

“Selain itu, untuk mengevaluasi target/sasaran dengan menganalisis faktor-faktor spesifik seperti, hambatan dan dukungan yang mempengaruhi hasil pelaksanaan kegiatan sebagai bahan pengendalian, bahan kebijakan baru, dan akuntabilitas,” tambahnya

Dari hasil evaluasi kinerja anggaran sampai triwulan IV (per 31 oktober 2023) capaian realisasi keuangan perangkat daerah rata-rata masih rendah dan masih belum sesuai dengan target yang telah ditentukan.

“Bagaimana kita bisa menuntaskan program pembangunan di Kabupaten Lampung Barat, jika Kepala Perangkat Daerah masih rendah kinerjanya dalam penyerapan anggaran,” katanya.

“Saya menyadari tentu ada penyebab dan hambatan dalam pelaksanaan program dan kegiatan, namun itulah tantangannya, bagaimana berinovasi dan kreativitas cerdas dalam mencari solusinya sehingga target kinerja pembangunan dan kinerja anggaran dapat tercapai tepat waktu,” tegasnya.

Oleh sebab itu dirinya menekankan kepada seluruh kepala perangkat daerah, mengingat waktu pelaksanaan program/kegiatan/sub kegiatan hanya tinggal 2 bulan lagi atau efektifnya hanya tinggal 35 hari lagi, agar segera inventarisasi dan analisis kendala dalam percepatan penyerapan anggaran serta mengambil langkah-langkah strategis guna tercapainya target kinerja yang telah ditentukan.

Hal itu perlu dilakukan agar Kepala Perangkat Daerah mengendalikan seluruh kegiatan dilingkup kerjanya sehingga dapat berjalan efisien dan efektif, selesai tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran sehingga masyarakat dapat segera menikmati hasil-hasil pembangunan Pemerintah Daerah Lampung Barat.

“Saya berharap Kepada para camat, sekretaris, kepala bidang, kasubag keuangan, kepala puskesmas agar lebih semangat, bersikap proaktif, berkoordinasi, dan bersinergi dengan stake holder sehingga seluruh program dapat berjalan dengan baik sesuai dengan regulasi dan target yang telah direncanakan,” Harapnya.

“Saya berharap pada bulan november capaian kinerja perangkat daerah sudah meningkat tajam dan tolong dalam menyampaikan laporan data realisasi penyerapan anggaran setiap bulannya Melalui aplikasi siap online (sistem informasi aplikasi pelaporan pembangunan) harus tepat waktu dan datanya valid,” tambahnya.

Terakhir dirinya mengajak kepada seluruh Perangkat Daerah untuk bergerak cepat untuk menyelesaikan tugas tersebut.

“Mari bersama-sama kita gerak cepat dalam mengemban tugas yang telah di amanahkan ini. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan kekuatan dalam melaksanakan tugas,” pungkasnya.