Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (Hut) ke-32, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar berbagai perlombaan olahraga tradisional, diantaranya permainan Paku Sukha, Atunan hingga Paku Gudu, bertempat di pelataran Kantor Bupati setempat, Senin (18/9/2023).

Pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat berbondong-bondong untuk mencoba berbagai perlombaan olahraga tradisional. Tidak terkecuali Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs Nukman M.M dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Dra. Zelda Naturi Nukman hingga Kepala Perangkat Daerah.

Bahkan, seperti tidak peduli dengan panasnya trik matahari, istri orang nomor satu di Lampung Barat itu nampak semangat untuk mencoba berbagai permainan olahraga tradisional. Sementara disisi lain, Pj. Bupati Lampung Barat pun terlihat sangat menikmati menyaksikan langsung berbagai perlombaan dari tepi lapangan. Sesekali dirinya berteriak sembari bertepuk tangan untuk memberi semangat para perserta lomba.

Usai membuka secara resmi kegiatan perlombaan olahraga tradisional yang merupakan salah satu rangkaian Hut ke-32 Lampung Barat, Nukman menyampaikan, berbagai permainan olahraga tradisional tersebut digelar sebagai ajang silatuhrami serta menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat.

“Dalam memeriahkan Hut ke-32 Lampung Barat ini sengaja kita mengadakan berbagai perlombaan olahraga tradisional tujuannya selain sebagai ajang silaturahmi antara pegawai, juga merupakan upaya dalam melestarikan permainan tradisional Indonesia yang sudah mulai jarang peminatnya,” terangnya.

Orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Negeri di Atas Awan itu mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan pelestarian olahraga tradisional tersebut. Dengan harapan agar warisan leluhur terdahulu ke depannya dapat tetap terjaga dan terawat dengan sebaik-baiknya.

Dirinya menuturkan, pihaknya sangat berbangga dan berbahagia atas terlaksananya kegiatan tersebut. Ia berharap ke depannya, setiap momen perayaan hari bersejarah khususnya bagi Lampung Barat permainan olahraga tradisional tetap diadakan kendati saat ini sudah zaman modernt.

“Semoga kegiatan seperti ini dapat terus kita laksanakan setiap tahunnya dalam rangka melestarikan olahraga budaya tradisional,” kata Nukman.

Karena dalam perlombaan tersebut melibatkan unsur pegawai dari seluruh Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah daerah Lampung Barat hingga instansi vertical lainnya, dirinya berpesan agar setiap peserta tetap menjunjung tinggi sportifitas, sebab dikatan Nukman, sejatinya kegiatan itu tujuan utamanya bukan untuk mencari pemenang.

“Saya berharap dalam pelaksanaan perlombaan nanti para peserta tetap menjunjung tinggi sportifitas. Karena tujuan utama digelarnya kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dan sebagai wujud syukur kita atas hari jadinya Kabupaten Lampung Barat yang ke-32 yang jatuh pada 24 September mendatang,” tutupnya.