Mahasiswa asal Kabupaten Lampung Barat mengikuti mudik gratis yang difasilitasi Pemerintah setempat.

Mahasiswa yang berasal dari Perguruan tinggi Universitas Lampung (Unila), Politeknik Kesehatan (Poltekes) dan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN) diberangkatkan dari Bandar Lampung menuju Lampung Barat menggunakan unit mini bus pada hari Kamis, (19/04).

Terkait Hal tersebut, Penjabat Bupati Lampung Barat Drs. H. Nukman M.M melalui Plt. Kepala dinas Perhubungan Lambar Reza Mahendra, SH., MH mengatakan, mudik merupakan tradisi yang dilakukan oleh mayoritas penduduk Indonesia menjelang hari raya idul fitri.

Kegiatan mudik gratis yang mengangkat tema “Mudik Aman dan Berkesan Tahun 2023” itu sebagai bentuk partisipasi Pemerintah, mengingat tahun ini merupakan tahun pertama diperbolehkan melakukan kegiatan mudik pasca Indonesia dilanda covid-19.

Seperti diketahui, Kementrian Perhubungan memproyeksikan jumlah pemudik pada lebaran 2023 akan mencapai 123,8 juta orang. Hal tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 85,5 juta orang.

“Itu artinya volume kendaraan mudik akan terus bertambah sehingga dapat menimbulkan kemacetan di jalan raya, dengan adanya program ” Yuk Mudik” Ini diharapkan dapat mengantisipasi agar tidak menimbulkan potensi
terjadinya kecelakaan lalu lintas,” Sebutnya.

Dengan adanya, program mudik gratis tersebut Nukman berharap, dapat meringankan beban biaya trasportasi bagi para pemudik untuk sampai di kampung halaman. Terutama bagi mahasiswa asal yang berasal dari Kabupaten Lampung Barat yang sedang menempuh pendidikan di Bandar Lampung.

“Dengan adanya program mudik gratis ini semoga dapat meringankan beban dari Mahasiswa kita yang berasal dari Lampung Barat untuk pulang ke Lampung Halamannya,” Ujarnya.

Dirinya memperkirakan puncak arus mudik lebaran ditahun 2023 akan terjadi pada hari Jumat, 21 April dengan prediksi pergerakan 14,3% atau sekitar 17,7 juta orang.

“Kalau kita melihat dari perkiraan Kementerian Perhubungan puncak arus mudik akan terjadi pada hari Jum’at mendatang,” Terangnya.

“Selamat melakukan mudik, semoga selamat sampai tujuan salam buat keluarga di rumah, semoga bahagia selalu,”Pungkasnya.

Sementara itu, perwakilan mahasiswa yang merupakan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Lampung (BEM U KBM Unila) Chairul Soleh menyampaikan bahwa Penyelenggaraan Program Yuk Mudik dengan tema “Mudik Aman dan Berkesan 2023” bagi mahasiswa yang ingin kembali ke daerah masing-masing.

Menurut Soleh, terlaksananya Program ini berkat Kerjasama BEM Unila dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Dengan tujuan memberikan akomodasi perjalanan mudik bagi mahasiwa Universitas Lampung secara gratis dan mewujudkan perjalanan pulang ke kampung halaman dengan aman dan nyaman.

Sementara itu, Pj. Bupati lambar memberangkatkan 10 mahasiswa yang berasal dari Lampung Barat.