Bupati Lampung Barat menghadiri Pelantikan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Masa Bhakti 2022-2027 yang berlangsung di Aula Kagungan Setdakab, Selasa (9/8/2022).

Pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Barat Edi Novial, S.Kom, Perwakilan Komandan Kodim 0422 Lampung Barat, Perwakilan Kapolres Lampung Barat, Perwakilan Kajari Lampung Barat, Asissten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Ketua SMSI Provinsi Lampung Donny Irawan S.E dan Para Pengurus SMSI Kabupaten Lampung Barat periode 2022-2027.

Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh Ketua SMSI Provinsi Lampung Donny Irawan S.E yang ditandai dengan penyerahan Bendera Pataka oleh Ketua SMSI Provinsi Lampung Donny Irawan S.E dan Ketua Umum SMSI Kabupaten Lampung Barat Merli Sentosa S.Pd.I.

Pelantikan pengurus SMSI Kabupaten Lampung Barat itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Lampung Nomor : 72/KPTS/SMSI-PROV.LPG/V/2022

Pada kesempatan itu Pakcik sapaan akrab bagi Bupati Lampung Barat itu menyampaikan bahwa organisasi SMSI ini harus mempunyai sebuah tanggungjawab, tanggung jawab itu adalah menyajikan kabar berita yang konstruktif dan akurat kepada masyarakat.

“Oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh pengurus SMSI Kabupaten Lampung Barat ini untuk dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam menyebar luas kan pengetahuan dan informasi yang positif sekaligus juga meningkatkan kecerdasan bagi masyarakat,” ucap Parosil.

“Karena membaca ini merupakan sebuah komitmen pemerintah Kabupaten Lampung Barat yaitu Kabupaten Literasi,” tambahnya.

Pada kesempatan itu Parosil yang juga selaku Dewan Pembina SMSI Kabupaten Lampung Barat itu menyampaikan ucapan selamat Kepada seluruh Pengurus SMSI Kabupaten Lampung Barat yang baru saja dilantik.

“Selamat Bekerja untuk para pengurus SMSI Kabupaten Lampung, Galilah semua potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Lampung Barat karena masih banyak potensi-potensi yang belum tergali dan jarang terpublikasi oleh media,” ungkapnya.

“Mindset seorang pekerja media harus dirubah karena jika pemberitaan hanya seputar kegiatan pemerintahan baik itu lembaga vertikal eksekutif maupun legistalitf pun dengan persoalan nya kita akan ketinggalan dengan kondisi yang ada saat ini,” imbuhnya.

Beberapa potensi di Lampung Barat itu diantaranya komoditas kopi, kemudian panas bumi dan juga perikanan, beberapa sektor tersebut yang saat ini memiliki potensi yang besar untuk di kembangkan kedepan dan harus banyak di publikasi.

“Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat tentunya menantikan kontribusi yang nyata yang di berikan oleh SMSI karena dengan adanya SMSI ini tentu akan memiliki warna tersendiri dalam rangka pemberitaan penyebarluasan informasi serta potensi yang ada di Lampung Barat,” ujarnya.

Sementara menanggapi hal itu tersebut sekali Ketua SMSI Provinsi Lampung Donny Irawan S.E menyampaikan rasa syukurnya atas suksesnya pelantikan SMSI Kabupaten Lampung Barat periode 2022-2027.

“Tentu adanya pelantikan SMSI Kabupaten Lampung Barat ini tidak terlepas berkat adanya sebuah dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat,” ucapnya.

Donny berharap dengan adanya Pelantikan pengurus SMSI Kabupaten Lampung Barat ini, dapat mendukung setiap kegiatan termasuk Pitu (7) program Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

“Mari maksimalkan kinerja kita untuk mendukung setiap kegiatan Pemerintah Daerah, dan yang paling penting adalah mendukung Program Pemerintah,” ujarnya.

Selain itu, Donny Irawan mengatakan bahwa kehadiran SMSI menjadi sangat penting karena memperkokoh jembatan informasi publik yang benar. Dan Tentunya peran SMSI juga harus mencerdaskan masyarakat dengan menyajikan kabar yang konstruktif dan akurat.

“Saya pesan kepada Pak Bupati tolong titip teman-teman SMSI ini, saya percaya teman-teman SMSI ini dapat bersinergi dengan pemerintah kabupaten Lampung barat melalui berbagai macam penyajian berita atau informasi yang positif kepada masyarakat setempat,” ungkapnya.

Selanjutnya, Merli Sentosa selaku ketua SMSI Lampung Barat terpilih, ia memaparkan mengenai pentingnya kode etik media (wartawan).

Dirinya menyatakan, jika pertumbuhan media siber tidak diimbangi oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, secara otomatis akan mengakibatkan memunculkan konten kurang baik.

Sehingga pihaknya berkomitmen akan mendorong para pengusaha atau pemilik media agar mengedepankan kode etik kewartawanan dan berkolaborasi dengan Pemkab Lampung Barat dalam pembangunan.

“Kedepan, tantangan SMSI sangat berat, kami akan mendorong para pemilik media atau pengusaha media untuk terus memberikan melakukan perbaikan agar mentaati kode etik wartawan,” ucapkan.

“Dan berkolaborasi bersama Pemkab akan terus mengupayakan perbaikan depan,” tambahnya.

Selain itu, sebagi SMSI Lampung Barat pihaknya akan terus loyal dengan instruksi pimpinan mulai dari tingkat provinsi hingga nasional.

“Instruksi untuk mendukung Pemkab Lampung Barat tentu akan kami lakukan,” pungkasnya.

Berikut susunan pengurus SMSI Kabupaten Lampung Barat Periode 2022-2027.

Dewan Pembina :

Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Edi Novial, S. Kom,

Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyanto S.IK.

Dewan Penasehat :

Satori M Baki (Tintainformasi.com)

Dewan Pengurus.

Ketua Umum :

Merli Sentosa S.Pd.I (Waktuindonesia.id)

Sekretaris :

Edi Saputra S.E (Saibumi.com)

Bendahara :

Wirda Yuli (Kejarfakta.co)

Ketua Bidang Organisasi : Sulemi Wahyu (WaktuIndonesia.id)

Ketua Bidang Pendidikan dan Sumber Daya (SDM) : Iswandi (Lampungrayanews.com)

Ketua Bidang Administrasi, Teknologi dan Informasi : Reko (Rasindonews.com)

Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga : Eko Pramiswanto (Globalinewsstv.com), Samson Cahyadi (PusaranNews.id)

Ketua Bidang Hukum : Robert Ariesta S.H (Lensaperistiwanews.com)

Ketua Kesejahteraan dan Pelatihan Usaha : Riyan (Inisiator.co.id)